Pertama Digelar di Indonesia, UII jadi Tuan Rumah Pesta TRIZ 2022

beritabernas.com – Setelah 10 tahun digelar oleh MyTRIZ Malaysia, untuk pertama kali Pesta TRIZ digelar di Indonesia dan UII menjadi tuan rumah. Pesta TRIZ diselenggarakan selama 3 hari di UII, mulai 6 hingga 8 Desember 2022.

Pesta TRIZ merupakan acara dua tahunan yang diselenggarakan oleh MyTRIZ Malaysia dan mitra sejak 10 tahun lalu untuk menyatukan para praktisi TRIZ dan berbagi pembelajaran kepada komunitas. Program 2022 menampilkan workshop, konferensi dan kompetisi selama 3 hari di UII mengangkat tema Capitalize on Disrupted Recovery with TRIZ.

Dr Ir Arif Wismadi MSc, Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/ Simpul Tumbuh (DPPK/ST) UII, mengatakan, setiap tahun MyTRIZ telah membekali ketrampilan inovasi untuk percepatan menghasilkan invensi pada peserta P2A Entrepreneurship Hackathon. Hackathon merupakan upaya bersama dari dunia perguruan tinggi di ASEAN untuk meningkatkan rasio kewirausahaan.

Para narasumber menjelaskan kepada wartawan terkait penyelenggaraan Pesta TRIZ di UII, Selasa 6 Desember 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Saat ini rasio kewirauahaan di Indonesia masih sangat rendah yaitu 3,47 persen dari total penduduk Indonesia. Jumlah ini masih kalah dibandingkan dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura yang rasio wirausahanya sudah mencapai 8,76 persen, Thailand 4,26 persen dan Malaysia mencapai 4,74 persen.

Melalui program kewirausahaan, UII telah memperoleh peningkatan rasio lulusan wirausaha dari 4,74 persen tahun 2017 menjadi 14 persen tahun 2021. Jumlah ini sudah melebihi target Kemendikbud Ristek
sebesar 10 persen lulusan perguruan tinggi berwirausaha. Bahkan UII bisa berkontribusi Rencana Strategis
Kementerian Koperasi dan UKM dalam telah menetapkan target rasio kewirausahaan terhadap penduduk di Indonesia menjadi 4 persen pada tahun 2020-2024.

Ketrampilan Memecahkan Masalah

Menurut Dr Risdiyono, Pendiri dan Presiden InTRIZ Indonesia, The TRIZ Inventive Problem-Solving Workshop dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah inventif berdasarkan metodologi Theory of Inventive Problem-Solving. Masalah industri akan digunakan untuk memberikan pembelajaran berbasis masalah dan tindakan langsung.

Jumpa pers terkait penyelenggaraan Pesta TRIZ di UII, Selasa 6 Desember 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Dalam workshop, peserta akan dilatih tentang cara mendefinisikan masalah inventif, mengidentifikasi kerugian utama, menghasilkan solusi kreatif, memilih ide yang bisa diterapkan dan mengembangkan rencana implementasi. Peserta akan melalui simulasi kasus berulang untuk memperdalam pemahaman tentang TRIZ.

Dikatakan, Pesta TRIZ memiliki beberapa capaian pembelajaran, yakni meningkatkan keterampilan pemecahan masalah melalui penerapan langsung alat TRIZ, menyelesaikan masalah yang kompleks dan menghasilkan solusi inventif serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan koordinasi tim.

Dengan meningkatnya minat pada TRIZ, konferensi MyTRIZ menjadi platform bagi para inovator yang
berpikiran sama untuk berbagi dan belajar satu sama lain tentang pengembangan dan pengaplikasian TRIZ terbaru yang terkait dengan penelitian dan pengembangan metode TRIZ, aplikasi TRIZ dan TRIZ dalam pendidikan.

Pesta TRIZ di UII yang dibuka oleh Ir Wiryono Rahardjo, March PhD, Wakil Rektor IV bidang Kemitraan dan Kewirausahaan UII, dihadiri oleh Dr Yeoh Teong San, Pendiri dan mantan Presiden TRIZ Malaysia. Workshop difasilitasi Dr Yeoh Teong San dan dibantu oleh 6 profesional senior TRIZ yang terdiri dari Tan Eng Hoo, Dr. Yeap Gik Hong, Dr Issac Lim, Prof Dr Narayanan Kulathruramaiyer, Mayor Dr Imaduddin Abidin, Dr Arif Wismadi dan Dr Risdiyono. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *