Job Fair 2022 UII, 22 Perusahaan dan Institusi Menyediakan 1.000 Lowongan Kerja

beritabernas.com – Setelah 2 tahun tidak digelar secara luring akibat pandemi Covid-19, Job Fair UII kembali digelar tahun 2022 ini. Dalam Job Fair yang akan digelar selama dua hari pada 12-13 Desember 2022 di Auditorium KH Abdul Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, ada 22 perusahaan yang berpartisipasi dengan menyediakan sedikitnya 1.000 lowongan kerja.

Institusi yang berpartisipasi dalam Job Fair UII 2022 ini bergerak dalam bidang pendidikan dan perbankan serta perusahaan yang bergerak dalam bebagai bidang seperti teknologi, farmasi, perhotelan, keuangan, mesin, start up dan sebagainya.

Direktur DPKA (Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni) UII Allan Fatchan Gani Wardhana SH MH yang didampingi Ketua Panitia Job Fair 2022 UII Lifthya Ahadiati Akmala S.Psi MSi Psikolog kepada wartawan di Gedung UII Career Center Kampus Terpadu UII, Kamis 8 Desember 2022 mengatakan, Job Fair UII yang merupakan program rutin setiap tahun ini untuk mempertemukan institusi/perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan para pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan.

Direktur DPKA (Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni) UII Allan Fatchan Gani Wardhana SH MH. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Dalam job fair ini, institusi/perusahaan diberi kesempatan untuk merekrut langsung tenaga kerja sesuai kompetensi/keahilan yang dibutuhkan institusi/perusahaan. “Sudah ada institusi/perusahaan yang menyatakan akan merekrut langsung sejumlah tenaga kerja di arena job fair,” kata Allan Fatchan Gani.

Institusi/perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair 2022 UII antara lain PT Sinar Mas, PT Indonesia Epson Industry, Inixindo Yogyakarta, Hotel Eastparc, Rich Hotel Jogja, PT Javan Cipta Solusi, PT Indah Medika Indonesia, Albea Indonesia, Quick Traktor, PT Sun Mariono, PT Yureka Edukasi Cipta, IBISMA UII, CILACS UII dan sebagainya.

Sementara Ketua Panitia Job Fair 2022 UII Lifthya Ahadiati Akmala mengatakan, dalam pelaksanaan Job Fair 2022 UII, lowongan pekerjaan akan dibuka seluas-luasnya, dan beberapa perusahaan akan melakukan rekrutmen langsung di kampus.

Direktur DPKA (Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni) UII Allan Fatchan Gani Wardhana SH MH dan Ketua Panitia Job Fair 2022 UII Lifthya Ahadiati Akmala S.Psi MSi Psikolog memberi keterangan pers di Gedung UII Career Center Kampus Terpadu UII, Kamis 8 Desember 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Selain itu, job fair akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karir pencari kerja seperti career consulting, career talkshow, career seminar. “Job fair terbuka untuk umum dan gratis/tanpa dipungut biaya. Jadi bukan hanya untuk alumni UII tapi untuk siapa pun yang membutuhkan pekerjaan. Setiap pelamar pekerjaan dapat mendaftarkan diri melalui link: https://s.id/OBFAIRUII2022,” kata Lifthya.

Menurut Allan Fatchan, Job Fair UII bertujuan untuk memberi kesempatan kepada dunia industri untuk melakukan proses rekrutmen dan seleksi. Hal ini sebagai usaha untuk membangun keberlanjutan operasional perusahaan secara efektif dan efisien dalam rangka memperoleh sumber daya manusia yang potensial.

Direktur DPKA (Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni) UII Allan Fatchan Gani Wardhana SH MH. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Selain itu, untuk mempermudah para pencari kerja memperoleh berbagai informasi untuk meraih pekerjaan. “Bagi UII, kegiatan ini untuk memperbesar peluang keterserapan alumni ke dalam dunia industri, sehingga mendorong percepatan masa tunggu alumni UII dalam mendapatkan pekerjaan,” kata Allan.

Menurut Allan, Job Fair UII juga dalam rangka membantu pemerintah daerah di DIY untuk mengurangi angka pengangguran di DIY. Menurut data Disnaker DIY yang dikutip Allan, hingga Pebruari 2022 tercatat angka pengangguran di DIY mencapai 281 ribu orang. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *