Tegas dan Jelas, Sikap DPRD DIY Setia pada NKRI dan Ideologi Pancasila

beritabernas.com – DPRD DIY baik secara kelembagaan maupun perorangan secara tegas dan jelas menyatakan setia pada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan ideologi Pancasila. Sikap tegas dan jelas itu dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di Gedung DPRD DIY Jalan Malioboro Yogyakarta pada Jumat 13 Mei 2022.

Dalam pernyataan berjudul Janji Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Ideologi Pancasila yang ditandatangi oleh Ketua DPRD DIY Nuryadi dari Fraksi PDI Perjuangan, Sofyan Setio D dari Fraksi PKS, Dr R Stevanus C Handoko dari PSI, RB Dwi Wahyu dari Fraksi PDI Perjuangan, Aslam Ridho dari PKB, Sudarto, Rani Widayati yang mewakili seluruh Anggota DPRD DIY itu, DPRD DIY secara tegas menyatakan 3 hal.

Kuss Indarto, Koordinator Forsa NKRI menyerahkan pernyataan sikap kepada Ketua DPRD DIY Nuryadi (kanan) dalam audiensi Forsa NKRI di Ruang Sidang DPRD DIY Jalan Malioboro Yogyakarta pada Selasa 10 Mei 2022. Foto: Dok Forsa NKRI

Berikut isi pernyataan sikap DPRD DIY yang ditandatangani di hadapan aktivis Forsa NKRI di Gedung DPRD DIY pada Jumat 13 Mei 2022:

Kami selaku pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta beserta Anggota Fraksi, Anggota Dewan, organ dan semua komponen di DPRD dengan ini menyatakan janji kami.

Bahwa kami:

  1. Tetap setia dan akan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ideologi Pancasila serta nilai-nilai kebhinekaan baik sebagai anggota dewan, sebagai anggota partai politik maupun sebagai warga negara Indonesia
  2. Akan menolak setiap upaya siapa pun juga yang ingin mengganti dan mengubah dengan bentuk negara maupun ideologi negara yang bertentangan dengan NKRI dan ideologi Pancasila serta nilai-nilai kebhinekaan.
  3. Akan menolak setiap upaya untuk menggantikan NKRI dan ideologi Pancasila serta nilai-nilai kebhinekaan dengan bentuk dan ideologi khilafah maupun ideologi lainnya dalam bentuk apapun baik berupa dukungan secara terbuka, memberi fasilitas, pernyataan moral, pemberian baik material atau pendanaan atau pun ikut menyuarakan upaya-upaya kampanye ideologi yang bertentangan tersebut, baik sebagai pribadi, anggota masyarakat maupun sebagai anggota partai atau golongan

Janji ini sebagai bentuk tanggung jawab sikap kami sebagai wakil rakyat dan warga negara Indonesia yang setia dan mencintai negara kesatuan republik Indonesia dan ideologi Pancasila serta nilai-nilai kebhinekaan.itu.

Menurut Koordinator Forsa NKRI Kuss Indarto, janji setia pada NKRI dan ideologi Pancasilan yang ditandatangani Anggota DPRD DIY tersebut merupakan tindak lanjut sikap DPRD DIY yang disampaikan kepada Forsa NKRI saat audiensi ke DPRD DIY pada Selasa 10 Mei 2022.

“Kami dan seluruh masyarakat DIY akan memegang janji tersebut. Apalagi janji setia ini tidak hanya secara lisan tapi secara tertulis dan ditandatangani,” kata Kuss Indarto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *