DPC Repdem Bantul dan DPC SPI Memberikan Bantuan kepada Warga Pundong Bantul

beritabernas.com – DPC Repdem (Relawan Perjuangan Demokrasi) Kabupaten Bantul bekerjasama dengan DPC Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Bantul memberikan bantuan berupa beras, cabai, bawang merah, bawang putih, buncis dan wortel kepada warga Pedukuhan Tarungan, Panjangrejo, Pundong, Bantul, Kamis 11 Agustus 2022.

Menurut Sumantara, Ketua DPC SPI Cabang Bantul, bantuan diberikan setelah ia mendapat informasi ada seorang janda beranak dua yang hidup sederhana dan membutuhkan bantuan. Setelah disurvei dan ternyata benar sehingga kemudian Repdem Bantul bersama SPI Bantul memberikan bantuan.

Bantuan berupa 50 kilogram beras,a cabai, bawang merah, wortel, buncis dan hasil bumi yang lain dari lahan milik SPI Bantul ini diberikan kepada Theresia Titik Riyana (43), seorang janda dengan dua anak.

Sementara Theresia Titik Riyana (43) merupakan seorang janda beranak dua, warga Tarungan RT 004 Kalurahan Panjangrejo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Rumahnya yang sederhana tanpa ruang tamu sehingga rombongan diterima di depan rumah yang sedang diperbaiki.

DPC Repdem (Relawan Perjuangan Demokrasi) Kabupaten Bantul bekerjasama dengan DPC Serikat Petani Indonesia (SPI) Kabupaten Bantul memberikan bantuan kepada warga kurang beruntung, Kamis 11 Agustus 2022. Foto: Istimewa

Bersama Ketua Repdem Bantul Yudha PW, Sumantara selaku Ketua DPC SPI Bantul menyerahkan bantuan tersebut kepada ibu dari Nesa Putri Riyana (15) dan Prita Ariyani (12) ini. Bantuan berupa hasil bumi yang diberikan merupakan hasil panenan di lahan milik SPI yang dikembangkan dengan menggunakan pupuk organik.

Menurut Sumantara, SPI bekerjasama dengan Repdem mengembangkan pertanian menggunakan pupuk organik untuk mengembalikan kesuburan tanah, karena banyak petani yang over atau terlalu banyak menggunakan pupuk kimia.

Dalam kerjasama tersebut, kata Sumantara, SPI mendorong Repdem untuk menyoroti kebijakan pemerintah terkait petani yang menggunakan pupuk kimia yang berlebihan sehingga berdampak bagi kesehatan manusia.

“SPI Kabupaten Bantul mendorong Repdem agar ada kebijakan setiap pedukuhan memproduksi pupuk organik untuk mengembalikan tanah pertanian yang sudah bantad atau kurang subur akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan. Di samping itu, Repdem dan SPI bersinergi membantu warga yang kurang mampu,” kata Sumantara dikutip beritabernas.com dari sebuah grup whatsapp. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *