Festival Seni Antar Fakultas, Rektor UII: Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan

beritabernas.com – Peringatan Milad/ Dies Natalis ke-80 UII tahun ini dimeriahkan dengan festival seni pertunjukan antarfakultas di lingkungan UII. Festival yang berlangsung meriah ini digelar di Auditorium Abdulkahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, Rabu 14 Juni 2023.

Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD mengatakan, festival seni di kampus, khususnya di UII, sangat penting mengingat selama ini kampus biasanya terkenal kering. Karena yang dominan itu otak kirinya, yang penuh dengan analisis dan lain-lain.

Karena itu, menurut Rektor UII, perlu diseimbangkan dengan mengasah otak kanan dengan seni dan keindahan.

“Selama ini, kalangan akademisi cenderung menggunakan otak kiri untuk berpikir secara analitis. Karena itu, perlu diseimbangkan dengan mengasah otak kanan dengan seni dan keindahan agar hidup kita sempurna. Kita berharap festival seni seperti dapat melengkapi aktivitas kampus yang selama ini cenderung serius dan melibatkan analisis,” kata Rektor UII ketika membuka Festival Seni Pertunjukan Antarfakultas di lingkungan UII.

Suasana festival seni di UII. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Rektor UII, seni mengasah rasa, empati dan sensifitas kita sehingga ketika melihat orang dan memanusiakan orang lain lebih mudah. “Kita perlu bersikap tegas namun cara mengejawantahkannya dalam konteks dengan seni yang pas,” kata Prof Fathul.

Festival Seni Pertunjukan Antarfakultas di UII kali ini berbeda dibanding sebelumnya. Kali ini, 2 dari 3 dewan juri berasla dari luar UII yakni budayawan Timur Sinar Suprabana,dan musisi Icha Jikustik. Selain itu, festival kali dikemas dengan suasana serius tapi santai dengan konsep angkringan yang memberikan nuansa khas Yogyakarta.

Beragam jenis kesenian yang ditampilkan seperti band, drama musikal, opera dan pentas puisi. Dalam festival kali ini, keluar sebagai juara I Tim FTSP yang membawakan pentas pembacaan puisi dan flashmob, kemudian juara II Tim Rektorat dan Juar III Tim FK UII. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *