Kirab Merah Putih, Romo Vikep Jogja Timur: Pancasila Mempersatukan Bangsa Indonesia

beritabernas.com – Vikep (Vikaris Jenderal) Jogja Timur Romo Maradiyo Pr mengatakan bangsa ideologi Pancasila telah mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang sangat beragam latar belakang suku, agama, ras dan golongan.

Karena itu, menurut Vikep Jogja Timur Romo Maradiyo Pr, menjadi kewajiban seluruh warga Indonesia untuk menjaga dan mempertahankan ideologi Pancasila dan bendera Merah Putih tetap berkibar di bumi Indonesia.

(Baca juga: Tolak Paham Radikal, Massa PNIB DIY Gelar Kirab Merah Putih Raksasa di Jogja)

Hal itu disampaikan Vikep Jogja Timur Romo Maradiyo Pr dalam orasinya pada acara Kirab Merah Putih yang digelar Pejuang Nusantara Indonesia Bersatu (PNIB) DIY di Tugu Joga pada Minggu 19 Juni 2022. Acara tersebut dihadiri ratusan aktivis PNIB yang berasal dari berbagai latar belakang.

Massa PNIB DIY Gelar Kirab Merah Putih Raksasa di Jogja, Minggu 19 Juni 2022. Foto: kiriman Krisno

Menawalai orasi dengan mengucapkan Salam Pancasila, Vikep Jogja Timur Romo Maradiyo Pr, mengatakan bahwa karena Pancasila kita bersatu sebagai warga negara Indonesia, menjadi dasar bagi seluruh kehidupan kita sebagai warga Indonesia yang sungguh kita cintai.

“Hari ini kita membawa Bendera Merah Putih dan yang boleh berkibar di bumi Pertiwi Indonesia hanyalah Bendera Merah Putih. Maka mari kita sebagai warga negara Indonesia sungguh-sungguh mencintai dasar negara kita. Kita hidupi Pancasila dan nilai-nilainya, kita hargai perjuangan para leluhur menegakkan bendera Merah Putih untuk negeri kita, terus kita bangun persaudaraaan sejati, kita bangun yang namanya srawung yang tidak lagi dibatasi atau disekat-sekat oleh suku, warna kulit, agama tetapi kita semua adalah warga negara Indonesia,” kata Romo Maradiyo melalui pengeras suara.

Massa PNIB DIY Gelar Kirab Merah Putih Raksasa di Jogja, Minggu 19 Juni 2022. Foto: kiriman Krisno

Karena itu pula, Romo Maradiyo berharap lewat kegiatan ini kita semakin kempal bersatu untuk terus menegakkan NKRI, mengibarkan bender Merah Putih dan menjadikan Pancasila sebagai sumber kehidupan bagi kita semua. Selain itu, terus hidupi cinta kasih yang tidak lagi disekat-sekat tapi cinta kasih yang universal dengan harapan akan terwujud masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman. (lip)

5 thoughts on “Kirab Merah Putih, Romo Vikep Jogja Timur: Pancasila Mempersatukan Bangsa Indonesia

  1. Mendukung & mendoakan semoga warga Indonesia tetap bersatu, menjunjung martabat manusia dengan saling menghormati sebagai sesama Ciptaan TUHAN, mengawal Pancasila sebagai satu satunya Ideologi bangsa kita,tetap semangat, bersatu, jangan mudah terprovokasi yg akan memecahbelah bangsa kita, salam merdeka.

  2. Mantap.. .
    Pancasila dasar negara kita….
    Sang Merah Putih bendera kita….
    Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa…
    Bhinneka Tunggal Ika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *