KPwBI DIY dan ISEI Cabang Yogyakarta Gelar Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023

beritabernas.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) DIY berkolaborasi dengan ISEI Cabang Yogyakarta menyelenggarakan Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023 untuk event Jogja Economic Forum 2023. Jogja Economic Forum 2023 akan digelar pada 10 Juli 2023.

Sebelum Jogja Economic Forum 2023 digelar, diadakan Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023 pada Selasa 4 Juli 2023. Event tersebut hasil kolaborasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) DIY dengan ISEI Cabang Yogyakarta.

Menurut Dr Y Sri Susilo, Koordinator Pelaksana Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023 yang juga Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta dan Dosen FBE UAJY, dalam Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023 tampil 10 pemakalah dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga penelitian di DIY. Topik makalah yang disajikan beragam, mulai UMKM, ekonomi kreatif, kemiskinan dan ketimpangan, pariwisata dan kewirausahaan. Semua riset tersebut dilaksanakan di wilayah DIY.

Harso Hutomo, Deputi Kepala KPwBI DIY. Foto: susilo

Dikatakan, pemakalah yang terpilih dan lolos seleksi dalam forum tersebut adalah Catur Sugiyanto (UGM), Rudy Badrudin (STIE YKPN), Murti Lestari (UKDW), D Desembriarto (Bappeda DIY), Ahmad Ma’ruf (UMY), D Wahyu Ariani (UMBY), Jonathan EW (UAJY), Dini Yuniarti (UMY), Amiluhur Soeroso (STIPRAM) dan Aditiyarini Kurniawati (Bappeda DIY) dengan moderator Jaka Sriyana (UII) dan Amirullah Setya Hardi (UGM).

“Forum presentasi seperti ini penting sebagai diseminasi hasil riset bagi pemangku kepentingan dan bentuk nyata kontribusi peneliti terhadap pembangunan ekonomi di DIY,” kata Harso Hutomo, Deputi Kepala KPwBI DIY, dalam pembukaan acara tersebut.

Menurut Harso, KPwBI DIY membutuhkan masukan dari berbagai hasil riset sebagai input untuk menyusun kebijakan dan program yang terkait dengan tugas BI DIY. Harso pun mendukung event Invitation Paper Road to Jogja Economic Forum 2023 yang dilakukan secara rutin dan berkolaborasi dengan ISEI Cabang Yogyakarta.

BACA JUGA:

“Secara umum kualitas riset memadai baik dari aspek metodologi, pembahasan dan rekomendasi yang dihasilkan,” kata Jaka Sriyana, Guru Besar FEB UII, yang menjadi salah satu reviewer makalah.

Jaka berharap makalah hasil riset yang telah dipresentasikan dapat direvisi dan kemudian dikirim ke jurnal ilmiah.

Sementara Rifat Pasha, Asisten Deputi Kepala KPwBI DIY, mengatakan, dari 10 makalah akan dipilih 3 makalah terbaik. Pemilihan makalah terbaik didasarkan pada kualitas makalah, presentasi makalah dan aspek lainnya. Makalah yang dipresentasikan juga dilakukan uji Turnitin untuk melihat similaritas (similarity index) untuk menghindari plagiarisme. “Setiap pemakalah akan memperoleh apresiasi dari KPwBI DIY,” tambah Rifat Pasha.

Menurut Y Sri Susilo, Call for Papers (CFP) untuk event Jogja Economic Forum 2024 tahun mendatang akan melibatkan beberapa jurnal yang dikelola oleh PTN/PTS di DIY. Dengan demikian makalah yang terpilih akan diterbitkan di jurnal. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *