KSP CU Artha Abadi dan Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya Membuka Jejaring

beritabernas.com – Dalam rangka melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, dosen pada Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya memberikan pelatihan kepada karyawan tetap KSP CU ARTHA ABADI Yogyakarta.

Program pelatihan yang dilakukan dosen dari UKDC Surabaya ini sebagai upaya membuka jejaring dengan mitra di luar Surabaya sebagai passion membantu perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal ini sesuai dengan roadmap pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ekonomi UKDC, yaitu mengembangkan UMKM di tingkat nasional.

Tak dapat dipungkiri bahwa UMKM merupakan penopang perekonomian kerakyatan. Sebagaimana KSP CU ARTHA ABADI yang berkantor di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 58 Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY, yang merupakan koperasi simpan pinjam dengan anggota yang telah mencapai 600-an orang bergerak di bidang perekonomian kerakyatan.

Dengan adanya dukungan dari akademisi maka diharapkan dapat membantu perkembangan pengelolaan KSP CU ARTHA ABADI melalui ide-ide untuk menjawab kebutuhan mitra, yaitu kebutuhan pengelolaan yang lebih profesional di KSP CU ARTHA ABADI.

Pendampingan di KSP CU ARTHA ABADI direncanakan selama enam bulan dan dapat diperpanjang jika masih diperlukan. Untuk pendampingan saat ini ditujukan bagi karyawan tetap KSP CU ARTHA ABADI. Sebab, sumber daya manusia atau SDM merupakan aset utama dalam perusahaan. SDM menentukan maju mundurnya perusahaan. Pelatihan ini untuk membuka wawasan dan mengembangkan SDM saat ini.

Dosen UKDC saat memberikan pelatihan kepada karyawan KSP CU ARTHA ABADI. Foto: Istimewa

Selanjutnya, akan diciptakan dasboard kinerja dan sistem pengelolaan keuangan yang memudahkan karyawan dan manajemen. Kedua hal itu sebagai bentuk pengembangan dan akan direalisasikan pada pendampingan tahap kedua.

Fakultas Ekonomi UKDC Surabaya selama ini telah melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di Propinsi Jawa Timur. Sebagai pelaksanaan roadmap pengabdian kepada masyarakat di tingkat nasional maka Fakultas Ekonomi UKDC memperlebar sayapnya ke propinsi di luar Propinsi Jawa Timur, yaitu kep propinsi lain di pulau Jawa seperti Propinsi DIY dan Jawa Tengah.

Sasaran pengabdian kepada masyarakat adalah UMKM karena UMKM langsung bersentuhan dengan masyarakat akar rumput sehingga program pengabdian kepada masyarakat akan langsung dinikmati oleh masyarakat di tataran akar rumput. Agar UMKM menjadi semakin kuat maka sasaran pertama yang didampingi adalah SDM-nya. Jika perekonomian masyarakat tingkat akar rumput kuat maka perekonomian negara juga akan kuat.

Dengan demikian, pelatihan peningkatan motivasi bekerja kepada karyawan tetap KSP CU ARTHA ABADI sangat tepat sebagai bentuk penyegaran dan pengembangan SDM. Pelatihan sehari tersebut mengambil tema SDM Kunci Sukses Usaha dengan sub tema Suksesmu Sumber Sukses Bersama.

Dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan semangat baru. Sebagai bentuk adanya semangat itu, mereka menciptakan yel-yel, yaitu CU ARTHA ABADI: terpercaya, tangguh, terdepan.

Karyawan KSP CU ARTHA ABADI pada perjalanan selanjutnya terus akan didasari oleh yel-yel tersebut. Mereka akan terus mengusahakan tempatnya bekerja menjadi semakin bermutu karena dipercaya oleh anggota dan anggota koperasi akan semakin meningkat.

Dalam menjalankan usaha mencapai tujuan perusahaan, mereka menanamkan pada dirinya semangat baja yang pantang menyerah dan akhirnya diharapkan KSP CU ARTHA ABADI menjadi yang terdepan dalam pengelolaan usaha. Dengan yel-yel yang diciptakan tersebut, memberikan bukti bahwa para peserta pelatihan memiliki semangat membara dan menanggapi positif dari pelatihan ini.

Pendiri KSP CU ARTHA ABADI juga sangat positif dan antusias. Mereka merasa memiliki api baru yang takkan padam, yang akan terus bernyala membuat usahanya terus bergerak maju dan maju dalam arti mengikuti perkembangan zaman dan menjawab kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:

Ke depan, para pendiri berharap akan memanfaatkan transformasi digital sehingga operasionalisasi usaha semakin cepat dan akurat. Selain itu, KSP CU ARTHA ABADI akan menerapkan reward dan punishment serta evaluasi pelaksanaan kinerja.

Dalam pelatihan ini telah disepakati bersama target perusahaan dan target masing-masing divisi serta bagaimana cara mencapainya. Semua menyadari bahwa perubahan memerlukan pengorbanan maka semua sadar bahwa perubahan hanya bisa dimulai dari diri sendiri.Jika karyawan ingin sejahtera maka karyawan sudah semestinya memberikan kontribusi untuk pencapaian tujuan perusahaan sehingga perusahaan terus memiliki profit yang semakin positif guna pencapaian kesejahteraan karyawan sendiri.

Kemajuan usaha hanya bisa diwujudkan dengan berbenah dari dalam, yaitu dari diri masing-masing yang menjalankan usaha. Tujuan akan tercapai jika semua SDM yang terlibat berjalan bersama dan bergerak bersama mencapai tujuan. Tanpa manajemen yang sehat itu maka usaha akan selalu mengalami ketimpangan. Dengan manajemen yang sehat maka usaha akan terus mampu berkembang dan melebarkan sayapnya.

Dalam pembaharuan semangat melalui SDM yang berkualitas maka tujuan perusahaan akan cepat tercapai. (Yuliana Sri Purbiyati dan Lusy, Dosen pada Prodi Akuntansi UKDC Surabaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *