Kwartir Ranting Depok Gelar Lomba Tingkat II untuk Penggalang SD

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Depok, Sleman, menyelenggarakan lomba tingkat II untuk penggalang SD dan MI se Kapanewon Depok di Bumi Perkemahan Huntap Gondang 2 Cangkringan, Sleman, DIY, pada hari Rabu sampai Jumat, 4-6 Oktober 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 pangkalan (SD & MI) terdiri dari 81 regu, masing-masing 43 regu putra dan 38 regu putri dengan total 714 peserta pramuka Penggalang. Latihan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Dra Shavitri Nurmala Dewi MA, Wakil Ketua Abdimas Kwartir Cabang Sleman.

Dalam sambutannya Shavitri Nurmala Dewi mengaku bangga pada Kwartir Ranting Depok yang dapat menyelenggarakan lomba tingkat II dengan jumlah peserta yang banyak. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadikan semangat kwartir ranting yang lain untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa dan dapat bermitra dengan bumi perkemahan sehingga bisa dijadikan kampung pramuka. 

Kristianta SPd selaku Ketua Kwartir Ranting Depok foto bersama para juara. Foto: Agung BP

Dhani Kristanto SPd selaku ketua panitia menyebutkan dalam latihan ini diisi beberapa kegiatan umum, kegiatan bakti dan kegiatan prestasi antara lain Pionering, Cerdas Cermat Pramuka, Hasta Karya, Poster, Jelajah Alam, Memasak (mengolah singkong), busana Jawa gagrak Ngayogyakarta, Mocopat serta Sesorah.

Kegiatan bertema Penggalang yang Jitu, Berbudaya untuk Generasi Maju ini dikelola oleh sekitar 50 panitia dibantu tim kesehatan dari PMI Kapanewon Depok dan tim keamanan dari Saka Bahayangkara Depok Raya serta warga masyarakat Gondang 2.

Dalam upacara pembukaan juga ditampilkan senam pramuka istimewa oleh penegak dari pangkalan SMK Sadewa Depok Sleman. 

Giat prestasi pionering yang diikuti oleh setiap regu. Foto: Agung BP

Latihan tingkat II yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam ini berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Kristianta MPd, Ketua Kwartir Ranting Depok. Kristianta mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia dalam mengelola kegiatan, para pembina, orang tua wali siswa yang mendukung kegiatan serta peserta perkemahan yang tetap semangat mengikuti kegiatan sampai akhir. 

Ketua Kwarran berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu ajang pertemuan Penggalang Depok, meningkatkan kompetensi para pembina dalam proses pembinaan serta kopetisi dalam giat prestasi untuk para peserta didik penggalang se Kapanewon Depok. 

Pada upacara penutupan juga disampaikan hasil kejuaraan regu berprestasi, pangkalan terbaik dalam pentas seni. Trofi kejuaraan diberikan oleh Kristianta selalu Ketua Kwartir Ranting Depok, Sri Hartini SPd selalu Ketua K3S serta Nanik Suprihatin SPd selalu pengurus K3S. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *