Meditasi Kasih Sayang untuk Mencapai Kesehatan Holistik

beritabernas.com – Setiap manusia menginginkan hidup sehat agar mampu menjalankan beragam aktivitasnya. Penyembuhan dari dalam diri menjadi salah satu cara efektif guna terpenuhinya kesehatan yang holistik.

Beberapa pendekatan kesehatan holistik untuk mencapai kesembuhan dari dalam (self-healing) adalah meditasi secara rutin, hipnosis klinis, terapi mindfulness dan akupunktur.

Untuk memperingati Hari Valentine, Rumah Sakit Panti Rapih (RSPR) Yogyakarta menggelar kelas meditasi penyembuhan dari dalam diri bertajuk Meditasi Loving-Kindness di auditorium besar lantai 6, gedung rawat jalan, rumah sakit setempat, Selasa 14 Februari 2023 sore.

Kepada beritabernas.com, dr FR Herin Anggraeni M.Biomed (AAM) mengatakan, manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang sangat unik dan istimewa. Memiliki karakteristik unik dalam menghadapi kondisi dunia luarnya. Manusia memiliki dua dunia sepanjang hidupnya, yaitu dunia internal dalam dirinya dan dunia eksternal. Dunia internal mulai pengalaman-pengalaman, memori, dan perasaan manusia, yang mempengaruhi persepsinya terhadap dunia di sekitarnya.

Peserta dari beragam kalangan mengikuti Kelas Meditasi Penyembuhan dari Dalam Diri “Meditasi Loving-Kindness”, yang diselenggarakan Klinik Katarina, RS Panti Rapih, Yogyakarta, Selasa (14/2/2023). Foto: Istimewa

“Sementara dunia eksternal, mulai memandang dunia sekitarnya menjadi tempat yang tidak nyaman, tidak aman, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan fisik dan mentalnya,” kata dr Herin.

Demikian pula sebaliknya. Dikatakan dr.Herin, bila dunia internal manusia tidak sehat karena terluka oleh pengalaman-pengalaman pahit hidupnya dan identitas yang dilekatkan kepadanya oleh orangtua, pengasuh, sosial, dan budaya, maka manusia pun akan mengatakan kesehatan fisik dan mental adalah satu. “Gangguan kesehatan fisik akan mempengaruhi kesehatan mental, misalnya pasien obesitas cenderung mengalami gangguan depresi, cemas, dan gangguan makan. Pasien dengan penyakit kanker, bisa menjadi depresi, sehingga menolak berbagai pengobatan,” ungkap dia.

Sedangkan, gangguan kesehatan mental akan menyebabkan suatu penyakit kronis, misalnya, seseorang yang mengalami kecemasan kronis menyebabkan gangguan lambung kronis yang mengganggu produktivitas kerja, hipertensi dan penyakit jantung. Seseorang yang mengalami trauma berat bisa menderita suatu penyakit kanker atau autoimun.

Kelas Meditasi Penyembuhan dari Dalam Diri di Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta, Selasa 14 Februari 2023. Foto: Istimewa

Keseimbangan kesehatan fisik dan mental akan meningkatkan imunitas tubuh, keseimbangan energi dan kemampuan tubuh dalam menyembuhkan dirinya sendiri. “Oleh sebab itu, pengobatan kedokteran modern sangat penting dikolaborasikan dengan kesehatan holistik, untuk penyembuhan dari dalam diri manusia,” terang Herin.

Dalam segi pengobatan penyakit, sangat penting, tidak hanya fokus dengan pengobatan dari luar tubuh, tetapi juga dari kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. “Sehingga dapat meringankan penderitaan pasien, mempercepat penyembuhan penyakit, menurunkan ketergantungan pasien terhadap obat-obatan, meningkatkan penerimaan terhadap penyakit. Juga meningkatkan keberhasilan dalam pencegahan penyakit kronis, seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung koroner,” kata dr Herin.

Manusia yang mencintai dirinya dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mentalnya, maka dunia sekitarnya pun menjadi lebih baik. (ag irawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *