Mengenang Lima Tahun Pater Albert Clemens Schreurs CICM Berpulang

beritabernas.com – Tidak terasa, sudah lima tahun Pater Albert Clemens Schreurs CICM, berpulang ke rumah Bapa di surga. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Rabu 18 September 2024, Oasis Lestari mengadakan misa kudus mengenang dan mendoakan Pater Clemens. Pagi itu, dilaksanakan misa peringatan lima tahun berpulangnya Pater Albert Clemens Schreurs CICM ke rumah Bapa di surga. 

Misa kudus dipimpin oleh tiga imam, yaitu Pastor Stefanus Ruswan MSF (Direktur PT Danita Oasis Lestari), Pastor Antonius Harnoko CICM (Provinsial CICM Indonesia), dan Pastor Joni Payuk CICM (Kepala Distrik CICM Indonesia-Singapura). Tampak hadir dan mengikuti misa kudus peringatan lima tahun wafatnya Pater Clemens ini adalah Romo Roy Djakarya Pr (Komisaris Utama PT Danita Oasis Lestari 2014-2024), Sr Ulfrida JMJ, para imam CICM, teman-teman CICM, direksi, manajemen, karyawan, dan rekanan PT Danita Oasis Lestari.

Para Pastor CICM, Suster-suster Kongregasi OSA dan sejumlah umat mengantar guci abu Pater Albert Clemens kembali ke kotak abu di Kolumbarium Oasis Lestari. Foto: Anton Sumarjono

Sebelum misa dilakukan prosesi pengambilan abu jenazah Pater Clemens di kotak abu Kolumbarium. Petugas membawa abu jenazah Pater Clemens diiringi doa Salam Maria di sepanjang perjalanan menuju ke ruang doa di Griya Oase.

Dalam pembuka Misa Konselebrasi ini, Pastor Stefanus Ruswan MSF menegaskan, ini adalah misa syukur bagi kehidupan. “Menurut iman kita, kematian bukan akhir dari segalanya, tetapi suatu kehidupan baru yang bahagia di surga bersama Allah Bapa,” ujar Pastor Ruswan. 

Sedangkan Direktur Utama PT Danita Oasis Lestari Ania Desliana sempat menceritakan kisah kecil tentang lagu pembuka dalam misa kudus ini. Lagu pembuka ini berjudul “Nearer My God to Thee”, karya cipta Sarah Fuller Flower seorang penulis dan aktivis Gereja, kelahiran 22 Februari 1805. Dalam bahasa Indonesia lagu ini sering dinyanyikan sebagai “Tuhan Berikanlah Berikanlah Istirahat Kekal”. 

BACA JUGA:

Menurut Ania Desliana, lagu yang mengisahkan tentang tangga Yakub ini (Kejadian 28: 11-19) mempunyai keterhubungan dengan Oasis Lestari, dimana lambang Oasis Lestari adalah tangga Yakub. Ada janji Allah, untuk menyertai, melindungi dan membawa kita kembali ke tempat-Nya. 

 “Isi lagu ini tentang penyertaan Tuhan kepada Yakub, dan kita semua. Lambang Oasis Lestari adalah tangga Yakub, itulah sebabnya kami memilih lagu ini sebagai lagu pembuka yang menginspirasi keberadaan Oasis Lestari dalam menyertai keluarga-keluarga berduka,” terang Ania Desliana. 

Sebelum berkat penutup, Provinsial CICM Indonesia Pastor Antonius Harnoko CICM secara khusus mengapresiasi, mengucap syukur dan berterima kasih kepada para direksi, para suster, dan karyawan PT Danita Oasis Lestari yang dengan kesungguhan hati meneruskan impian Pater Clemens untuk Oasis Lestari ini. “Pater Clemens  pernah menyampaikan, bahwa bisnis ini tidak pernah mati. Tetapi bisnis ini dilandasi cinta kasih Allah, inilah yang membedakan dari bisnis-bisnis di luar. Semoga semangat ini diteruskan oleh direksi, manajemen, dan staf yang ada di Oasis Lestari ini,” pesan Pastor Harnoko, yang pernah  bertugas di Jepang ini. 

Foto bersama usai misa kudus. Foto: Anton Sumarjana

Ania Desliana menyambungnya dengan mengucapkan terima kasih kepada Kongregasi CICM Provinsi Indonesia yang telah mengijinkan abu jenazah Pater Clemens tetap disemayamkan di kolumbarium Oasis Lestari. “Kami sungguh merasakan dukungan doa dari Pater Clemens yang telah berpulang,” ungkap Ania Desliana. 

Pater Albert Clemens Schreurs CICM adalah misionaris kelahiran Zutendall, Limburg, Belgia, 10 Januari 1931 ini selama berkarya di Indonesia pernah menjadi Kepala Departemen Keuangan KWI (1968 – 1999). Pater Clemens juga mendirikan dan memimpin banyak perusahaan di lingkup KWI. Di antaranya: Komisaris PT Raptim Indonesia (1999-2009), Presdir PT Griyaton Indonesia (1979-2003), Komisaris PT Griyaton Indonesia (2003), Dirut PT Danita (2004-2014), Komisaris PT Danita Oasis Lestari (2014-2019), Direktur Keuangan OBOR (1990-1999), Komisaris PT Ukabima (1996-2013), Administrator Keuangan Pengelola Yayasan DHT-KWI (1972-1992), Ketua Badan Pengurus Dana Pensiun KWI (1992-2010), dan Komisaris Independen PT Panorama Sentrawisata Tbk. (2004-2011).

Usai misa kudus, semua umat dan imam-imam CICM menghantar abu Pater Clemens kembali ke kotak abu di kolumbarium, diiringi dengan doa Salam Maria. (Anton Sumarjana)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *