Merawat Silaturhami dan Memperkuat Sinergi, PP PMKRI Audiensi ke Ketua Presidium KWI

beritabernas.com – Untuk merawat silaturhami dan memperkuat sinergi dalam mengatasi isu-isu sosial, kemanusiaan, lingkungan dan keagamaan di Indonesia, pengurus baru PP PMKRI audiensi dengan Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC di Kantor KWI Jalan Cut Meutia Nomor 10 Jakarta Pusat, pada Jumat 27 September 2024.

Ketua Presidium KWI Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC pun menyambut hangat kepengurusan baru PP PMKRI periode 2024-2026 dengan Ketua Presidium PP PMKRI Susana Florinka Marianti Kandaimu.

“Hari ini kami diterima dengan penuh kehormatan dan kehangatan oleh Yang Mulia Mgr Antonius Subianto Bunjamin. Perjumpaan ini menjadi pengalaman kebersamaan, pengalaman kegembiraan yang sungguh bermakna dan begitu mengesankan. Kami merasa bangga dan bersyukur atas pertemuan tersebut,” ungkap Susan. 

Menurut Susan, pertemuan tersebut menjadi awal yang baik bagi perjalanan kepengurusannya ke depan. “Ini adalah awal yang baik bagi perjalanan satu periode kepengurusan kami ke depan. Karena kami sadar betul, PMKRI tidak akan bisa berjalan tanpa dukungan dari pihak Gereja. Gereja Katolik dan Iman Katolik-lah yang menjadi kekuatan utama kami dalam membangun kaderisasi dan pembinaan di PMKRI,” ucap Susana.

Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC (kanan) menyalami Ketua PP PMKRI yang baru Susana Florinka Marianti Kandaimu. Foto: Dok PP PMKRI

Dalam audiensi yang berlangsung hangat itu, Susana juga memperkenalkan visi Reinventing dan Reposisi gerakan PMKRI dalam satu periode kepengurusannya ke depan, yakni peningkatan kualitas pengkaderan, optimalisasi advokasi keadilan sosisal, lingkungan dan masyarakat adat, mendorong perkembangan ekonomi kreatif, penguatan literasi kebangsaan dan optimalisasi kerjasama lintas sektor.

“Kami akan mengupayakan pengembangan kader yang komprehensif, tidak hanya dalam aspek akademis, tetapi mengembangkan organisasi secara adaptif, relevan serta memaksimalkan keterlibatan PMKRI dalam advokasi keadilan sosial, kemanusiaan dan lingkungan serta mendorong perkembangan ekonomi kreatif,” ujar Susana.

Dukungan dari KWI, menurut Susana, sangat dibutuhkan untuk mengembangkan program-program  strategis di kepengurusannya. “Kami ingin mengembangkan program yang inovatif dan berdampak, khusunya bagi kepentingan dan kebutuhan masyarakat. PMKRI harus menjadi suara bagi mereka yang tidak terdengar. Tentunya upaya ini tidak mudah, butuh dukungan dari berbagai pihak, khususnya KWI,” kata Susana.

Ketua Presidium KWI, Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas kepengurusan baru PP PMKRI periode 2024-2026. “Proficiat dan selamat ya Susan dan teman-teman. Susan Ketua PP PMKRI pertama dari Papua ya. Saya ikut berbangga,” ucap Mgr Anton. 

Seperti ajakan Paus untuk memperkuat perdamaian dan persatuan dalam bingkai NKRI, Mgr Anton juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, PMKRI harus terlibat aktif dalam membangun masa depan Indonesia yang damai dan rukun.

“Kalian adalah generasi harapan dan persatuan untuk membangun masa depan Indonesia. Teruslah terlibat aktif dalam merawat persatuan dan perdamaian di Indonesia,” kata Mgr Anton.

BACA JUGA:

Terhadap langkah-langkah yang diambil oleh pengurus baru PP PMKRI, Ketua Presidium KWI menyambut baik. Ia berharap agar PMKRI mampu membuat kaderisasi yang kontekstual dan relevan. “PMKRI harus cepat tanggap dengan berbagai perubahan yang ada dan berbagai persoalan sosial, kemanusian, lingkungan dan masalah-masalah perempuan,” ucap Mgr Anton.

Selain itu, ia juga menyambut baik atas inisitaif PP PMKRI periode 2024-2026 untuk mengaktifkan kembali forum Pastor Moderator PMKRI se-Indonesia.

“Peran pastor moderator sangat vital ya dalam membimbing dan mendampingi kaderisasi di PMKRI. Kita akan terus berkoordinasi untuk mewujudkan gerakan ini,” ujar Mgr Anton.

Pertemuan yang hangat ini diakhiri dengan pemberian berkat perutusan oleh Mgr Anton kepada jajaran PP PMKRI periode 2024-2026. (Astra Tandang)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *