Pertama Kali Rayakan Idul Fitri di Jogja, Presiden Jokowi Silaturahmi ke Sultan HB X

beritabernas.com – Selama menjabat sebagai Presiden RI, untuk pertama kalinya Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan Idul Fitri di Jogja. Presiden yang didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dan putra bungsunya Kaesang Pangarep pun bersilaturahmi ke Sultan HB di Keraton Yogyakarta, Senin 2 Mei 2022.

Presiden Jokowi bersma Ibu Iriana dan Kaesang Pangarep diterima langsung oleh Sultan HB X didampingi GKR Hemas, anak-anak dan sejumlah anak dan menantu yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, GKR Bendoro, KPH Yudanegara, KPH Notonegoro dan KPH Purbodiningrat.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan selamat Idul Fitri 1443 H kepada Sultan HB X dan keluarga.

“Betul ini yang pertama saya merayakan Idul Fitri di Yogya, tentu saja pertama kali yang kami kunjungi untuk silaturahmi. Kami menghaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir dan batin, kepada Bapak Sultan Ngarso Dalem beserta Ibu Ratu dan keluarga,” ujar Presiden Jokowi dikutip beritabernas dari siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretriat Presiden pada Senin 2 Mei 2022.

Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo dan Kaesang Pangarep saat bersilaturahmi ke Sultan HB X di Keraton Yogyakarta, Senin 2 Mei 2022. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

Saat ti pada pukul 09.10 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung disambut oleh keluarga Keraton Yogyakarta di gerbang depan untuk kemudian masuk menuju area dalam keraton. Presiden mengatakan pertemuan berlangsung dalam suasana yang sangat baik. “Semuanya berjalan dalam suasana yang sangat baik, alhamdulillah,” kata Presidn Jokowi.

Sementara Sultan Hamengkubuwono X mengatakan bahwa perbincangan diisi dengan hal-hal yang ringan. Pertemuan tersebut untuk bersilaturahmi. “Bagi saya ini silaturahmi, tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang urgent maupun yang penting. Politik, ekonomi, nggak. Kita silaturahmi,” tutur Sultan.

Sekitar pukul 09.35 WIB, Presiden Jokowi dan keluarga pun pamit meninggalkan Keraton Yogyakarta untuk kemudian kembali ke Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *