Rektor UII: Kaligrafi Salah Satu Seni dalam Peradaban Islam

beritabernas.com – Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD mengatakan, kaligrafi merupakan salah satu kaki langit dan seni dalam peradaban Islam. Sehingga kaligrafi punya fungsi estetis, keindahan. Allah Maha Indah dan suka keindahan.

Melalui keindahan, menurut Rektor UII, manusia bisa melihat dan mengagumi ciptaan Tuhan, kita bisa merenungi keagunganNya.

BACA JUGA:

Selain keindahaan, kaligrafi juga punya fungsi simbolis yakni di sana ada penyampaian pesan spiritual. Ketika melihat keindahan, orang yang sensitif tadinya, akan mengaguminya, ada harmoni visual di sana, kadang kita hela napas panjang karena ada rasa kagum.

“Kaligrafi juga ada pesan yang membimbing kita, pesan-pesan spirititual yang menggerakkan kita untuk menjadi orang yang lebih baik,” kata Rektor UII Prof Fathul Wahid saat membuka lomba kaligrafi nasional di Auditorium KH Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII, Sabtu 23 Maret 2024.

Peserta lomba kaligrafi di Auditorium KH Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII, Sabtu 23 Maret2024. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Lomba Kaligrafi dalam rangka UII Ramadhan Fair 2024 ini diikuti puluhan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia, baik pelajar/siswa dan siswi SMA maupun mahasiswa.

Menurut Kepala Bidang Humas UII Rifqi Sasmita SE MM, lomba seni kaligrafi yang diadakan setiap tahun tersebut, kali ini diikuti 84 orang, terdiri dari 53 mahasiswa tingkat sarjana dan diploma, masing-masing 23 putri dan 30 putra serta 31 siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat terdiri dari 16 putra dan 15 putri.

Rektor UII Prof Fathul Wahid (kedua dari kiri) foto bersama juri lomba kaligrafi di Auditorium KH Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII, Sabtu 23 Maret 2024. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Selain memiliki keindahan dan fungsi simbolis, menurut Rektor UII, seni kaligrafi juga menjadi identitas budaya Islam. Di banyak tempat, di banyak bangunan terdapat seni kaligrafi, yang menjadi identitas Islam sekaligus disandingkan dengan budaya yang lain.

Tim juri lomba terdiri dari Ust Dr Sirojuddin AR M.Ag, Pimpinan Pesantren Kaligrafi LEMKA Sukabumi, Ust Atho’illah M.Pd., Pimpinan Pesantren Kaligrafi SAKAL Jombang dan Dr Ir. Revianto Budi Santosa M.Arch, Ketua Program Studi Arsitektur Program Magister UII. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *