Sejak Dilantik, Presiden Timor Leste Berkunjung ke Indonesia

beritabernas.com – Untuk pertama kali sejak dilantik, Presiden Timor Leste José Ramos-Horta berkunjung ke Indonesia, Selasa 19 Juli 2022. Ia diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Dalam pertemuan itu, kedua kepala negara berkomitmen untuk melanjutkan hubungan baik yang sudah terjalin selama 20 tahun terakhir.

“Ini kunjungan pertama Presiden Timor Leste Ramos-Horta ke luar negeri semenjak dilantik. Kami bertemu dan berkomitmen untuk melanjutkan hubungan baik antara kedua negara yang telah dibangun selama 20 tahun terakhir,” cuit Presiden Joko Widodo dikutip beritabernas.com, Selasa 19 Juli 2022.

Menurut Presiden Joko Widodo, dalam pertemuan itu Presiden Timor Leste Ramos-Horta sepakat bahwa konektivitas darat dan laut antara Indonesia dan Timor Leste perlu diperkuat. Trayek bus rute Kupang-Dili dan pelayaran kapal rute Kupang-Dili-Darwin, Australia perlu dibuka.

” Ini merupakan salah satu hasil pertemuan bilateral saya dengan Presiden Timor Leste José Ramos-Horta, hari ini, di Bogor,” tambah Presiden Joko Widodo.

Kedua kepala negara juga sepakat untuk meningkatkan perdagangan antara kedua negara, memperkuat pembangunan perbatasan, komitmen BUMN dan perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, serta penyelesaian segera bilateral investment treaty.

Menurut Presiden Jokowi, nilai investasi Indonesia di Timor Leste saat ini mencapai USD 818 juta, terutama di sektor perbankan, migas dan telekomunikasi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *