Siap Siaga dalam Keadaan Apapun, Oasis Lestari Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran

beritabernas.com – Kebakaran seperti kematian, tak pernah diundang tapi datang dengan tiba-tiba. Maka siapapun, termasuk Oasis Lestari, harus menyiapkan diri. Siap siaga setiap saat. 

Dalam rangka kesiapsiagaan itu, Oasis Lestari-sebuah lembaga pelayanan kedukaan yang meliputi semayam, kremasi dan penitipan abu jenazah-mengadakan pelatihan memadamkan kebakaran. Pelatihan berlangsung di tempat terbuka Oasis Lestari, Jalan Gatot Subroto Km 7-8 Jatake, Jatiuwung, KotaTangerang, Provinsi Banten, pada Selasa 14 Maret 2023.

Mobil Damkar milik PT Danita Oasis Lestari lengkap dengan petugas dan perangkat pemadam api. Foto: Dusman Simanjuntak

Pelatihan dikoordinir oleh Kabag Umum Dusman Simanjuntak melibatkan para petugas lapangan Oasis Lestari. Kabag SDM Sr Priscila OSA memberi pengarahan pada sesi pembukaan pelatihan.

Biarawati yang mulai bertugas di Oasis Lestari setahun yang lalu ini mengatakan, para petugas lapangan dan staf Oasis perlu berlatih bagaimana memadamkan api sebagai langkah siap siaga jika ada kejadian kebakaran. “Harap selalu diadakan pelatihan sebulan sekali agar kita siap siaga dalam keadaan apapun,” pesan Sr Priscila. 

Kabag SDM Sr Priscila OSA memberi pengarahan.Foto: Anton Sumarjana/beritabernas.com

Oasis Lestari mempunyai satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) yang siap di garasinya. Mobil damkar ini dilengkapi dengan perangkat pemadam seperti selang atau pipa sepanjang lebih dari 300 meter, pakaian dan helm pemadam lengkap.

Demikian pula di setiap unit gedung juga disiapkan APAR di setiap ruangan. Di unit krematorium, ditempatkan di dekat setiap oven juga disiapkan satu lemari berisi perangkat pemadam lengkap dengan pakaian pemadam. Semua disiapkan untuk mengantisipasi kejadian kebakaran di lingkungan Oasis Lestari. (Anton Sumarjana, Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *