SiBakul Financetopia Menciptakan Business Matching antara Pelaku UMKM dengan LJK

beritabernas.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) menggelar kegiatan SiBakul Financetopia di Yogyakarta, Rabu 23 Oktober 2024.

SiBakul Financetopia sebagai puncak kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2024 dengan tema Akses Keuangan Merata, UMKM Sejahtera bertujuan untuk menciptakan business matching antara pelaku UMKM dengan LJK, sehingga momentum ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku UMKM untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dan memanfaatkan fasilitas pendanaan produktif yang ditawarkan oleh LJK untuk kepentingan pengembangan usaha.

Menurut Eko Yunianto, Kepala OJK DIY, kegiatan puncak BIK 2024 untuk wilayah DIY dalam bentuk expo produk/ layanan jasa keuangan melalui SiBakul Financetopia. SiBakul sendiri merupakan sebuah platform digital satu data Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) DIY, Pembinaan dan Pengembangan KUMKM DIY serta sistem dukungan penguatan pasar produk KUMKM DIY yang dikelola oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY. Sedangkan Financetopia berarti suatu dunia atau komunitas keuangan yang nyaris sempurna.

Para pengunjung antre dalam acara puncak BIK 2024, Rabu 23 Oktober 2024. Foto: Dok Humas OJK DIY

Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2024 merupakan salah satu upaya OJK untuk mendorong peningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM, agar dapat meningkatkan daya saing dan mengembangkan usahanya.

Sebab, menurut Eko, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2024, indeks literasi keuangan masyarakat tahun 2023 sebesar 65,43 persen, sedangkan indeks inklusi keuangannya mencapai 75,02 persen. 

BACA JUGA:

“Gap yang cukup jauh antara literasi dan inklusi keuangan memberikan gambaran bahwa masyarakat telah memiliki akses terhadap produk dan/atau layanan keuangan namun belum memahami hak, kewajiban, manfaat dan risiko menggunakan produk/layanan keuangan. Hal ini menjadi tugas bersama baik pemerintah daerah, regulator maupun lembaga jasa keuangan agar mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan guna memajukan perekonomian Indonesia,” kata Eko Yunianto dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Rabu 24 Oktober 2024. 

Menurut Eko, OJK telah menginisiasi adanya kolaborasi dan sinergi kegiatan literasi dan inklusi keuangan oleh seluruh Kementerian/Lembaga, LJK dan stakeholders terkait melalui program Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang sekaligus disinergikan dengan Puncak BIK tahun 2024. 

GENCARKAN merupakan gerakan nasional yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan secara masif dan merata di seluruh Indonesia, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang cerdas keuangan sehingga dapat mengambil keputusan finansial yang tepat dan terhindar dari berbagai kasus kejahatan finansial.

Kepala OJK DIY Eko Yunianto saat penutupan BIK 2024 di Yogyakarta, Rabu 23 Oktober 2024. Foto: Dok OJK DIY

Srie Nurkyatsiwi, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah DIY, mengatakan, acara SiBakul Financetopia diharapkan menjadi jembatan dan kesempatan emas bagi pelaku UMKM untuk berinteraksi secara langsung dengan LJK, menggali informasi sekaligus mendapatkan fasilitas pendanaan dari LJK. 

“Dengan hadirnya 500 pelaku UMKM dan 16 LJK saat ini menjadi ajang yang luar biasa untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis,” kata Siwi.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Ibrahim menyebutkan bahwa pemerataan penyediaan akses layanan keuangan formal yang berkualitas dengan biaya terjangkau bagi seluruh masyarakat menjadi inisiatif yang terus didorong untuk mengakselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu juga diserahkan secara simbolis fasilitas kredit/pembiayaan modal usaha dari LJK kepada 11 pelaku UMKM total sebesar Rp 7,3 miliar. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *