SMA BOPKRI 1 Yogyakarta Gelar Kemah Prestasi 2024 di Bumi Perkemahan Jaka Garong

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Gugus DepanSMA BOPKRI 1 Yogyakarta mengadakan Kemah Prestasi 2024 selama 3 hari mulai Rabu 13 Juni hingga Sabtu 15 Juni 2024 di Bumi Perkemahan Jaka Garong, Kembang Wonokerto, Turi, Sleman.

BACA JUGA:

Kemah Prestasi kali ini diikuti 228 siswa-siswi Kelas X SMA BOPKRI 1 Yogyakarta yang terbagi menjadi 13 sangga putri dan 16 sangga putra dan didampingi 22 Dewan Ambalan serta Kakak Pembina antara lain Dra V Lies Ratnawati selaku Ketua Panitia, Cita Murti Pramaeswari SPd, Oktavianus Chris Ardyanta .Pd, Monica Rante Arru SPd.Gr M.Min, Drs Mursetyadi Yuli Sadono MPd, Gregorius Aditya Wibisono SPd, Dika Puspa Wijaya SPd, Gideon Haryo Adhi SH, Lukas Istiadi STh MT, Agung Budi Putranto MT. Mereka mendampingi kegiatan yang dikelola oleh Sangga Kerja Kelas XI. 

Ketua Sangga Kerja (tengah) melaporkan kegiatan kemah prewstasi kepada Kamabigus Sartana (kedua dari kiri). Foto: agung bp

Kegiatan Kemah Prestasi dibuka oleh Sartana S.PAK MPd, Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan yang juga Kepala SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Pada kesempatan itu, Sartana mengungkapkan bahwa kegiatan perkemahan ini memang dirancang untuk peserta didik kelas X agar keluar dari zona zaman di rumah.

Melalui kemah prestasi, menurut Sartana, jiwa peserta tertempa dan dapat beradaptasi dengan cuaca hujan, panas bersama teman-teman selama 3 hari 2 malam. Dengan demikian, melalui kegiatan ini diharapkan ke depan tercipta jiwa pemimpin yang memiliki pribadi yang mandiri, cinta budaya Indonesia dan berkarakter Pancasila seperti tema perkemahan tahun ini. 

Selama kegiatan, peserta sangat antusias mengikuti lomba dengan berkompetisi secara baik di setiap kegiatan. Meski pada hari pertama di sore hari sempat diguyur hujan namin peserta perkemahan tetap dapat melaksanakan kegiatan yang sudah disusun dan dijalankan oleh Sangga Kerja Perkemahan. 

Peserta kemah prestasi, Sangga Kerja foto bersama Kamabigus usai upacara pembukaan. Foto: agung bp

Kegiatan Kemah Prestasi antara lain lomba yel-yel, paduan suara sangga, pionering, cerdas cermat pramuka, berpacu dalam pujian, caraka dan kim. Aplikasi P5 juga dilaksanakan dalam perkemahan ini dengan melaksanakan lomba memasak dengan bahan dasar umbi-umbian, hasta karya dengan membuat tempat penyajian hidangan dari daun pisang dan menciptakan dengan modifikasi permainan tradisional. 

Perkemahan diakhiri dengan kegiatan wirakarya atau bersih lingkungan dilanjutkan dengan upacara penutupan yang dipimpin Dra V Lies Ratnawati selaku Ketua Panitia. Dalam upacara juga diumumkan sangga-sangga berprestasi dan tergiat dalam kegiatan kemah prestasi. 

Pembina upacara penutupan juga berharap agar peserta perkemahan dapat merealisasikan sikap kemandirian, kedisiplinan dan menghargai budaya Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *