4.555 Perguruan Tinggi di Indonesia Melayani Lebih dari 9 Juta Mahasiswa

beritabernas.com – Sampai tahun 2023 ada 4.555 perguruan tinggi di Indonesia yang melayani lebih dari 9 juta mahasiswa. Dari jumlah 4.500 tersebut, 75 persen di antaranya merupakan perguruan tinggi swastaa (PTS) dan selebihnya merupakan perguruan tinggi negeri (PTN).

Dengan jumlah PTS lebih banyak dari PTN maka PTS diharapkan semakin meningkatkan kontribusi posotif terhadap pembangunan nasional dengan beragam bentuk, termasuk mendidik anak bangsa menjadi mumpuni yang berdaya saing dan menghasilkan karya akademik yang relevan untuk menyelesaikan masalah nyata serta memajukan kesejahteraan.

BACA BERITA TERKAIT: Prof Edy Suandi Hamid Minta BKS PTIS Membuat Semua PTIS Unggul

Hal itu disampaikan Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, Sekretaris Umum Pengurus Harian BKS PTIS (Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia), pada acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) XIII BKS PTIS di Auditorium Prof KH Abdulkahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, Rabu 8 Maret 2023.

Menurut Prof Fathul Wahid yang juga Rektor UII ini, perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam meningkatkan daya saing negara melalui laju inovasi, hilirisasi riset dan pembangunan SDM.

Para pimpinan PTIS berbincang santai sebelum Munas XIII BKS PTIS, Rabu 8 Maret 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Selain itu, perguruan tinggi juga memiliki melakukan penanaman nilai dan pembentukan karakter bagi para mahasiswa yang kelak meneruskan cita-citamemajukan Indonesia.

Karena itu, menurut Prof Fathul Wahid, Munas XIII BPS PTIS menjadi wadah yang tepat dalam menyediakan forum tukar gagasan dan sinergi antar pimpinan perguruan tinggi Islam swasta. Sinergi antaranggota BKS PTIS diharapkan dapat terus menguatkan kontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memajukan Indonesia dan merawat jagat.

Dari kiri ke kanan: Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII Suwarsono, Sekretaris Dewan Penasehat BKSPTIS, Prof Dr H Edy Suandi Hamid, MEc, Ketua Dewan Pembina BKSPTIS Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA dan Sekretaris Umum Pengurus Harian BKSPTIS, Prof Fathul Wahid ST, MSc PhD. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“PTIS diharapkan mengasah sensivitas terhadap isu-isu kemanusiaan global, termasuk kelestarian lingkungan, keamanan energi, perdamaian dan resolusi konflik, kesetaraan gender dan pemerataan kesejahteraan. Hanya dengan demikian, kehadiran PTIS akan semakin terasa dampaknya dan tidak terjebak dalam pola pikir ke dalam (inward looking) tetapi semakin memainkan peran kontributifnya (outward looking),” kata Prof Fathul Wahid.

Munas XIII BKS PTS berlangsung 2 hari, mulai Rabu 8 Maret hingga Kamis 9 Maret 2023. Dalam Munas kali ini juga dilakukan pemilihan Ketua BKS PTIS peiode 2023-2027. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *