Apmikimmdo DIY Ajarkan UMKM DIY Buat Aplikasi Si Apik BI untuk Go Internasional

beritabernas.com – Pada penghujung tahun 2022, Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Mandiri Indonesia (Apmikimmdo) DIY berkunjung ke kelompok UMKM Mbok Daya untuk memberikan pelatihan aplikasi Si Apik yang merupakan aplikasi pembukuan UMKM hasil karya Bank Indonesia.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Apmikimmdo DIY Adrianus Kun Anggoro mengatakan, hasil pertemuan ApmikimmdoPusat Jakarta dengan Elsya Ms Chani selaku Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI mengharpkan UMKM mempersiapkan literasi keuangan dengan aplikasi Si Apik guna mempersiapkan UMKM naik kelas go internasional.

Aplikasi Si Apik merupakan aplikasi digital bagi UMKM dalam membantu penyusunan laporan keuangan sebagai referensi bank dalam menganalisis kelayakan pembiayaan UMKM. Manfaat yang akan diperoleh UMKM, pertama, inklusi keuangan disertai dengan akses ke teknologi digital dapat mendukung masyarakat pelaku UMKM untuk mencapai pemberdayaan ekonomi.

Kedua, literasi keuangan dan digital yang memadai akan mendukung tercapainya keberdayaan keuangan dan digital. Ketiga, keberdayaan keuangan dan digital dan kemampuan mengambil keputusan keuangan dengan tepat, memaksimalkan manfaat produk dan layanan keuangan untuk meningkatkan kesempatan ekonomi guna mencapai pemberdayaan ekonomi.

Ketua APMIKIMMDO DIY Adrianus Kun Anggoro Foto: Istimewa

Pilot project literasi keuangan digital aplikasi Si Apik adalah pada UMKM Kelompok Mbok Daya yang berdomisili di lembah pegunungan Menoreh yang merupakan kawasan pegunungan membentang di wilayah barat Kabupaten Kulon Progo di DIY.

Kemudian akan dilaksanakan secara bertahap bagi UMKM antara lain Fajirro Leather, D’Celup Srikandi, Susme, Mallika Salsa Snack, Unoi Mandiri Minuman Herbal, Ketozen, Satria Food, Chooby, Cokisku, Shanien Leather, Kresina, Intan Rahmadhani Snack, Dama Putra Sejahtera, Tiga FA, Dayona, Pawon Teges, Ashai, Tumbuh Selaras Alam, Jelitaque, Rizhatho, Kirey Natural Taruno Abadi, Banana Crispy Topping Premium, Kafayari, Pawirochoc, Luthfi Craft, Fastick, Pawone Akio, Milia Craft, Kafaf Wedang Herbal, Mandiri Hendik Craft, Fatimah Az Zahra Jaya, Pakaian atau fashion, Domyak.Id, Lennok Food, Degan Sava dan Caca, Java Mushroom, Gama Coffee Roastery, L’graz Natural Care, Si Chantiq, Fd Group, Tukik, Rizano Grup, Griya Teraso, BPedia, Batik Ciprat Girikasih, Timoer 25 dan Kebab Minion, Kerupuk Keju Whey, Sheny Cayners, Plan Agro, RNJ Snack & Food dan Karunia Nareswara Abadi.

Menurut Adrianus Kun, Apmikimmdo DIY mengundang pihak perhotelan bintang 3 ke atas yang tergabung dalam PHRI DIY untuk berperan aktif dalam event pariwisata ASEAN Tourism Forum yang akan dilaksanakan di Yogyakarta, pada 2-5 Februari 2023 di JEC (Jogja Exhibiton Centre), melalui solidaritas peduli produk UMKM bidang pertanian, pengolahan makanan dan minuman. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *