Bertemu Kapolda DIY, Dr Raden Stevanus Apresiasi Kepolisian Menindak Pelaku Kriminal Jalanan

beritabernas.com – Anggota DPRD DIY Dr Raden Stevanus C Handoko S.Kom MM bertemu Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo di Mapolda DIY, Jumat 31 Maret 2023.

Dalam pertemuan itu, Dr Raden Stevanus mengapresiasi langkah-langkah Kepolisian Daerah (Polda) DIY dalam meredam, mencegah dan melakukan penindakan tegas terhadap pelaku kriminal jalanan. Dr Stevanus pun berharap ke depan semakin progresif dan lebih baik

“Pertemuan tersebut sebagai salah satu ruang diskusi dan komunikasi yang dibangun dengan pihak kepolisian DIY. Saya mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Kepolisian DIY dalam meredam, mencegah dan melakukan penindakan tegas terhadap pelaku kriminal jalanan. Semoga ke depan semakin progresif dan semakin lebih baik,” kata Dr Raden Stevanus kepada beritabernas.com

BACA JUGA:

Kepada Kapolda DIY, Dr Raden Stevanus berharap ke depan Polda DIY semakin banyak terobosan yang dilakukan semua komponen yang ada di DIY. Pemda DIY, DPRD, Pemkot, Pemkab, TNI-Polri, swasta, perguruan tinggi, tokoh masyarakat, tokoh agama dan komponen lainnnya untuk terlibat bersama-sama. Sebab, sinergi dan kolaborasi bersama akan membawa perubahan yang lebih baik.

Menurut Dr Raden Stevanus, kerja-kerja menjaga kondisi DIY tetap adem, ayem, aman tentram merupakan tanggung jawab bersama. Bahkan menurut Dr Raden Stevanus, ada peran penting kehadiran keluarga dalam turut serta menjaga anak muda/remaja untuk tidak terlibat dalam kriminal jalanan.

“Saya setuju dengan yang disampaikan Gubernur DIY bahwa terkait dengan hal ini, perlu juga ada kesadaran sosial dan peran keluarga dalam mencegah terjadinya kriminal jalanan. Keluarga perlu hadir memberikan kasih sayang dan dukungan, memberikan arahan, pembinaan, nasehat, turut serta mengawasi anak-anaknya, menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis dan membuka ruang komunikasi dengan anak lebih terbuka dan efektif,” kata Dr Raden Stevanus.

Dr Raden Stevanus C Handoko ikuti FGD. Foto: Istimewa

“Saya juga berharap dan akan terus mendorong agar Pemda DIY dalam hal ini dinas terkait seperti Dinas Pendidikan dan Olahraga dan Dinas Sosial perlu hadir memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan aktualisasi remaja DIY. Memberikan fasilitasi agar semakin banyak anak remaja DIY menghabiskan energinya pada kegiatan yang positif bagi pengembangan diri mereka,” ujar Dr Raden Stevanus

Dr Raden Stevanus juga mendorong adanya ruang-ruang aktualisasi bagi remaja di DIY dan mengharapkan peran serta masyarakat dalam mencegah terjadinya kekerasan jalanan/kriminal jalanan yang dilakukan remaja, anak muda DIY.

“Dalam konteks pencegahan kriminal anak remaja, ruang aktualisasi remaja dapat membantu mencegah remaja terlibat dalam perilaku kriminal. Ruang-ruang aktualisasi diri dapat digunakan untuk memberikan alternatif pilihan kegiatan positif,” kata Dr Raden Stevanus.

Selain itu Dr Raden Stevanus dari Komisi D DPRD DIY menyatakan bahwa kehadiran ruang aktualisasi diri bagi remaja diperlukan untuk menjadi sarana atau media pengembangan interaksi sosial, ruang untuk belajar menghargai perbedaan dan menghindari konflik dengan orang lain.

“Remaja, anak muda butuh ruang yang bisa menjadi wadah mereka mengaktualisasi diri, berinteraksi sosial, belajar dalam perbedaan dan menghindari konflik dengan orang lain,” kata Dr Raden Stevanus. 

Menurut Dr Raden Stevanus, ruang aktualisasi remaja dapat memfasilitasi remaja untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan positif, seperti kegiatan olahraga, seni, budaya atau sosial. Hal ini dapat membantu remaja mengembangkan keterampilan, bakat dan minat serta memotivasi mereka untuk memiliki perilaku positif dan produktif. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *