Dr R Stevanus: Hari Penegakan Kedaulatan Negara Bermakna Persatuan Indonesia

beritabernas.com – Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dr R Stevanus C Handoko S.Kom MM mengatakan, peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara memiliki makna Persatuan Indonesia.

Sementara peristiwa Serangan Oemoem 1 Maret 1949 menjadi tonggak kebangkitan Penegakan Kedaulatan Negara yang digagas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai usaha untuk membalas dan merebut kembali Yogyakarta demi membuktikan kepada dunia internasional bahwa Republik Indonesia masih ada.

“Serangan Oemoem 1 Maret merupakan sebuah peristiwa yang sangat penting maknanya bagi eksistensi dan Penegakan Kedaulatan Negara, yang telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945,” kata Dr R Stevanus kepada beritabernas.com, Rabu 1 Maret 2023.

Dikatakan, setelah Indonesia diproklamirkan sebagai negara yang merdeka pada 17 Agustus 1945, tidak lama kemudian yakni pada 4 Januari 1946 Pemerintahan Republik Indonesia pindah ke Yogyakarta. 

Sebagai Kota Republik, Yogyakarta berperan menopang segala hal terkait Republik Indonesia. Seluruh biaya operasional pemerintahan dan para pejabat RI selama berada di Yogyakarta ditanggung oleh Keraton Yogyakartadibantu oleh Kadipaten Pakualaman.

Dr R Stevanus C Handoko S.Kom MM. Foto: Istimewa

Sebagai wilayah berdaulat, menurut Dr R Stevanus, Negeri Ngayogyakarta Hadiningrat memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam proses terbentuknya Republik Indonesia dan mempertahankan kemerdekaan dari agresi militer yang dilakukan Belanda.

Kemudian, pada 19 Desember 1948, agresi militer Belanda II menyasar ibukota negara di Yogyakarta dan berhasil menduduki Yogyakarta. Yogyakarta dalam kondisi darurat, Presiden Ir Sukarno, Hatta dan sejumlah pejabat tinggi RI lainnya ditangkap dan diasingkan ke luar Jawa.

Sebagai bentuk usaha mempertahankan kedaulatan dan merebut Kembali Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menggagas Serangan Oemoem 1 Maret 1949.

“Yogyakarta sebagai Ibukota Negara dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai Raja Kraton Yogyakarta pada waktu itu memiliki peranan sangat penting dalam mendukung penegakan Kedaulatan Negara RI.”, ujar Dr R Stevanus

Pelurusan sejarah bangsa atas peran besar Ngayogyakarta Hadiningrat dalam usaha untuk mempertahankan Republik Indonesia dengan mengerahkan segenap seluruh sumber daya yang dimiliki untuk menunjukan pada dunia internasional bahwa Republik Indonesia masih ada, sungguh sangat penting.

Dr R Stevanus menambahkan pada pelurusan sejarah atas peristiwa Serangan Oemoem 1 Maret 1949 juga dimasukan dalam bagian pertimbangan Keputusan Presiden Nomor 2 tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Dr R. Stevanus C Handoko S.Kom. Foto: Dok pribadi

“Keberhasilan Serangan Oemoem 1 Maret 1949 telah meyakinkan masyarakat dunia bahwa Indonesia masih ada dan pada akhirnya masyarakat dunia mendukung perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan menegakkan kedaulatan,” tambah Dr R Stevanus. 

“Peristiwa ini yang menjadikan Serangan Oemoem,” 1 Maret 1949 sebagai titik penting dalam perjalanan bangsa, yang kemudian kini telah resmi sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara seiring diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang penetapan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara,” kata Dr R Stevanus.

“Peristiwa Serangan Oemoem 1 Maret 1949 dinilai menjadi bagian penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan Negara Indonesia di dunia internasional serta telah berhasil menyatukan kembali kesadaran dan semangat persatuan, solidaritas dan kesatuan bangsa Indonesia,” katanya lagi.

Menurut Dr R Stevanus, Hari Penegakan Kedaulatan Negara diharapkan mampu menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa guna memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa yang pantang menyerah, patriotik, rela berkorban, berjiwa nasional, dan berwawasan kebangsaan, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *