Dr R Stevanus: Pancasila Menjadi Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024

beritabernas.com – Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79, 1 Juni 2024, membawa semangat baru bagi Bangsa Indonesia. Pancasila menjadi jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas Tahun 2045. 

“Pancasila adalah pemersatu bangsa. Nilai-nilainya yang luhur, seperti Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan Sosial, harus terus ditanamkan kepada generasi muda agar mereka dapat menjadi pemimpin bangsa yang tangguh dan berkarakter,” ujar Dr R Stevanus Christian Handoko S.Kom MM, Anggota DPRD DIY, terkait peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024.

Dr R Stevanus mengatakan, era digital saat ini menghadirkan peluang dan rintangan bagi generasi penerus bangsa. Di satu sisi, era ini membuka akses informasi dan komunikasi yang luas, namun di sisi lain, era ini juga rawan terhadap penyebaran hoax dan ujaran kebencian.

Dr Raden Stevanus C Handoko S.Kom MM. Foto: Dok pribadi

“Di sinilah peran Pancasila menjadi sangat penting. Pancasila mengajarkan kita untuk saling menghormati, toleransi dan bermusyawarah dalam menyelesaikan perbedaan. Nilai-nilai ini sangatlah penting untuk menangkal radikalisme, permusuhan yang dapat memecah belah bangsa,” kata politisi muda PSI DIY ini.

Sebagai salah satu inisiator terbitnya Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Dr R Stevanus menjadikan DIY satu-satunya yang memiliki Perda terkait dengan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Melalui Perda ini mewajibkan pendidikan Pancasila & Wawasan Kebangsaan di semua jenjang pendidikan di DIY. Perda ini juga merupakan langkah strategis untuk memperkuat pemahaman generasi muda tentang Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Jogja Istimewa sebagai kearifan lokal. 

“Perda ini merupakan bukti komitmen DPRD DIY & Pemda DIY untuk membangun generasi muda yang berkarakter Pancasila. Saya berharap Perda ini dapat terus diimplementasikan dengan baik dan efektif, sehingga generasi muda DIY dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi bangsa dan negara,” kata Dr R Stevanus.

BACA JUGA:

Dr R Stevanus pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dalam menjaga dan merawat nilai-nilai Pancasila. Ia juga menyerukan generasi muda untuk aktif dalam berbagai kegiatan positif dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

“Marilah kita jadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita terhadap Pancasila. Bersama-sama, kita bangun generasi muda yang tangguh dan berkarakter Pancasila, siap menghadapi tantangan era digital dengan semangat solidaritas dan membangun Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera,” kata Dr R Stevanus. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *