Dr R Stevanus: Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Momentum Solidaritas Membangun Negeri

beritabernas.com – Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dr R Stevanus Christian Handoko S.Kom MM mengatakan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang dilakukan setiap tanggal 20 Mei merupakan momentum solidaritas untuk membangun negeri.

Apalagi sejak dicabutnya TAP MPR Nomor II/MPR/1978 menjadi salah satu pemicu melemahnya pemahaman nilai-nilai Pancasila, munculnya gerakan ideologi berbeda hingga memudarnya semangat nasionalisme dan gotong royong.

Hal itu disampaikan Dr R Stevanus dalam acara Diseminasi Konten Positif dengan tema Memupuk Nilai-Nilai Kebangkitan Nasional pada Generasi Muda di Era Transformasi Digital yang diadakan Diskominfo DIY di Kantor Kalurahan Bener, Tegalrejo, Kota Jogja, Jumat 17 Mei 2024

Kegiatan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2024,i ni guna menanamkan dan mengaktualisasikan nilai-nilai kebangkitan nasional pada generasi muda. Selain Dr R Stevanus, juga tampil sebagai narasumber GKR Hayu Ketua Karang Taruna DIY yang diwakili Lisa selaku Sekjen Karang Taruna DIY), Dr Oki Rahadianto Sutopo (Direktur Youth Studies Centre UGM). 

Dr R Stevanus (tengah) bersama narasumber lainnya dalam acara Diseminasi Konten Positif dengan tema Memupuk Nilai-Nilai Kebangkitan Nasional pada Generasi Muda di Era Transformasi Digital yang diadakan Diskominfo DIY di Kantor Kalurahan Bener, Tegalrejo, Kota Jogja, Jumat 17 Mei 2024. Foto: Istimewa

Menurut Dr R Stevanus, Perda Pendidikan Pancasila & Wawasan Kebangsaan memiliki nilai-nilai semangat kebangkitan nasional. Perda Nomor 1 tahun 2022 sebagai wujud nyata komitmen pemerintah DIY dan DPRD DIY dalam membumikan nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan di tengah masyarakat. 

“Kehadiran Perda Nomor 1 Tahun 2022 merupakan salah satu wujud nyata komitmen bersama dalam membumikan kembali nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan di tengah masyarakat dengan berbagai cara sesuai dengan perkembangan jaman,” kata Dr R Stevanus, politisi muda PSI DIY.

Selain itu Dr R Stevanus mengatakan, Perda ini juga dirancang dengan pendekatan era digital, sehingga mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyebarkan nilai-nilai kebangsaan melalui berbagai format digital dan non digital dan melalui berbagai media termasuk juga pemanfaatan media sosial. 

Penerapan perda ini diharapkan mampu memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila tetap relevan dan terus berkembang di tengah masyarakat, terutama dalam menghadapi tantangan era digital. Program-program yang dirancang juga memastikan adanya pendanaan yang berkelanjutan melalui kerjasama dengan dinas dan lembaga terkait.

“Sebagai contoh kegiatan Podcast saat ini merupakan bentuk pendekatan Hybrid untuk dapat menyebarkan pesan-pesan tentang kebangkitan nasional dan kaitannya dengan Pancasila dan wawasan kebangsaan,” kata Dr R Stevanus.

Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum penting untuk merefleksikan perjuangan para pahlawan bangsa dan membangkitkan kembali semangat persatuan dan nasionalisme di tengah masyarakat. 

“Semangat Kebangkitan Nasional mengajak kita untuk bersatu padu dan membangun negeri tercinta ini dengan penuh semangat solidaritas, gotong royong, terus berkolaborasi dan penuh dedikasi dengan tetap mengingat sejarah panjang perjuangan dan pengorbanan Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap republik,” tegas Dr R Stevanus.

Sementara Dr Oki mengatakan bahwa kebangkitan nasional dalam era transformasi digital dimaknai sebagai peluang membangun kesadaran sebagai generasi muda global.

BACA JUGA:

“Melalui networks, generasi muda dapat memanfaatkan peluang bagi pembentukan ruang bersama, saling belajar, berkolektif serta menumbuhkan kepedulian sosial untuk mengatasi permasalahan baik dalam level lokal, nasional maupun global,” ujar Dr Oki. 

Sedangkan Lisa selaku SekjendKarang Taruna DIY mengingatkan tentang bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia. Sehingga diharapkan Sumber Daya Manusia di DIY memiliki kapasitas yang baik. “Sumber Daya Manusia yang baik diharapkan kedepannya akan menghasilkan produktivitas yang baik pula,” kata Lisa

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo DIY Riris Puspita menjelaskan, Harkitnas merupakan momen bersejarah yang cukup penting untuk Indonesia. “Di era transformasi digital ini, generasi muda dapat menerapkan nilai-nilai kebangkitan nasional, seperti rela berkorban, menerapkan nilai persatuan, menghargai orang lain, dan nilai kebangkitan nasional,” kata Riris seraya menambahkan bahwa nilai itu tetap bisa kita pupuk di tengah perkembangan zaman maupun perkembangan teknologi informasi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *