Dr Raden Stevanus Mendukung Program Bimtek Pengolahan dan Penguatan Gerakan Makan Ikan

beritabernas.com – Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM mendukung program bimbingan teknik (bimtek) pengolahan ikan dan penguatan gerakan makan ikan.

Sebab, menurut Dr Raden Stevanus, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konsumsi ikan sebagai sumber gizi, meningkatkan keterampilan dalam mengolah ikan dan mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor kuliner berbasis ikan.

BACA JUGA:

Menurut Dr Raden Stevanus, konsumsi ikan memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan dan mendukung pertumbuhan optimal, terutama pada anak-anak. Sebab, ikan kaya akan protein, omega-3, vitamin dan mineral yang penting bagi perkembangan fisik dan otak.

Dalam program alih teknologi pengolahan ikan, Dr Raden Stevanus menegaskan bahwa konsumsi ikan tidak hanya baik untuk kesehatan individu, tetapi juga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan sektor perikanan lokal. Selain itu, ikan adalah sumber makanan bergizi yang sangat penting.

Dr Raden Stevanus bersama peserta bimtek pengolahan dan penguatan gerakan makan ikan. Foto: Dok pribadi

“Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang mendukung perkembangan otak anak, meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat. Dengan meningkatkan konsumsi ikan, kita bisa menciptakan generasi yang lebih sehat dan cerdas,” kata Dr Raden Stevanus.

Dr Raden Stevanus juga menyatakan bahwa gerakan makan ikan dan program alih teknologi pengolahan ikan merupakan dukungan terhadap Program Makan Bergizi yang digagas pemerintah. Pada tahun 2024 ini, ia bersama Dinas Kelautan dan Perikanan DIY memberikan pelatihan tentang pengolahan makanan berbahan dasar ikan serta sosialisasi program makan ikan kepada lebih dari puluhan kelompok masyarakat.

Ia berharap masyarakat akan lebih menyadari pentingnya diversifikasi sumber protein dalam diet mereka. “Kami ingin masyarakat melihat ikan sebagai bagian esensial dari pola makan sehat sehari-hari, bukan sekadar makanan pelengkap,” tambah Dr Raden Stevanus.

Dr Raden Stevanus bersama peserta bimtek pengolahan ikan dan penguatan gerakan makan ikan. Foto: Dok pribadi

Salah satu fokus dari program ini adalah mendorong pengembangan UMKM yang bergerak dalam kuliner berbasis olahan ikan. Melalui pelatihan dan bimbingan teknik, pelaku usaha diharapkan dapat menghasilkan produk inovatif yang berbasis ikan, sehingga meningkatkan daya saing di pasar. “Dengan meningkatkan kemampuan pengolahan ikan, kita bisa menciptakan produk yang enak dan bernutrisi,” kata Dr Stevanus.

Ia berharap program ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konsumsi ikan dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui pengembangan UMKM. Dengan kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat, Yogyakarta diharapkan menjadi contoh sukses dalam mempromosikan pola makan bergizi dan berkelanjutan.

Dengan langkah-langkah strategis ini, Dr Stevanus berkomitmen untuk mendorong masyarakat DIY agar lebih mencintai ikan sebagai bagian dari pola makan sehat. Diharapkan, melalui bimbingan ini, masyarakat tidak hanya mendapatkan informasi, tetapi juga mampu mempraktikkan teknik pengolahan ikan yang baik dan benar demi kesehatan dan kesejahteraan bersama. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *