FGD ISEI 2024 Membahas Program Strategis Pembangunan Ekonomi 2025-2029

beritabernas.com – Visi ekonomi presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto dipaparkan dalam forum Focused Group Discussion (FGD) di The Alana Hotel dan Convention Center Yogyakarta selama dua hari, Rabu-Kamis (21-22 Agustus 2024).

BACA BERITA TERKAIT:

FGD hari pertama yang diikuti 200 peserta mewakili Pengurus Pusat ISEI, Ketua ISEI Cabang se-Indonesia, Pemda DIY, Lembaga dan Perbankan DIY dan Pengurus Cabang ISEI Yogyakarta menghadirkan narasumber Burhanudin Abdullah (Tim Ekonomi Presiden Terpilih 2024-2029) dan Amalia Adininggar Widyasanti (Deputi Ekonomi Bappenas dan Plt Kepala BPS) dengan moderator Didi Achjari (Ketua ISEI Cabang Yogyakarta) dan M Edhie Purnawan (Ketua Bidang IV Kerjasama dan Luar Negeri PP ISEI).

FGD yang digelar Pengurus Pusat ISEI dan Pengurus Cabang ISEI Yogyakarta yang didukung Bappenas ini dalam Road to Kongres ISEI XII dan Seminar Nasional ISEI 2024 di Surakarta 19-21 September 2022.

Anggito Abimanyu, Ketua Bidang I Organisasi ISEI. Foto: Y Sri Susilo

“Event ini merupakan forum konsolidasi bagi Pengurus Cabang ISEI se-Indonesia menuju Kongres ISEI XII di Surakarta, bulan September mendatang. Melalui FGD ini seluruh pengurus cabang memperoleh informasi tentang  Visi Ekonomi Presiden Terpilih 2024-2029, Program Strategik dan RPJMN 2025-2029 dan Transformasi Ekonomi di Wilayah Indonesia untuk Indonesia Emas 2045,” kata Anggito Abimanyu, Ketua Bidang I Organisasi PP ISEI.

Sementara Amalia Adininggar Widyasanti (Deputi Ekonomi Bappenas) yang menjabat Plt Kepala Bappenas mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 memuat kebijakan dan program strategis pembangunan nasional. Program strategis di RPJMN 2025-2029 menjadi pijakan atau landasan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Dikatakan,tahapan pembangunan 2025–2029 sangat strategis untuk meletakkan dasar-dasar transformasi dan bahkan menjadi basis untuk tingkat pertumbuhan pada tahapan berikutnya sekaligus menjadi window opportunity (peluang) bagi kita semua untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

Panitia FGD ISEI 2024 foto bersama. Dok ISEI DIY

Berkaitan dengan Visi Indonesia Emas 2045 diperlukan dasar-dasar transformasi ekonomi yang kuat. Menurut Amalia, kebijakan prioritas dalam RKP 2025 adalah peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan serta penguatan karakter dan jati diri bangsa, perbaikan infrastruktur konektivitas, pengembangan transisi energi dan percepatan infrastruktur, reformasi pengelolaan sampah dan pengembangan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

“Forum FGD ini sangat bermanfaat bagi kami Pengurus Cabang ISEI di daerah. Informasi terkait kebijakan dan program pembangunan ekonomi ke depan penting bagi seluruh pemangku kepentingan di daerah,” ungkap Rudy Badrudin (Wakil Ketua ISEI Cabang Yogyakarta). Menurut Rudy.

Menurut Y Sri Susilo, pada hari kedua FGD, Kamis 22 Agustus 2024, menghadirkan narasumber Suharso Monoarfa (Menteri PPN/Kepala Bappenas) dan Erwin Dimas (Deputi PPEP Bappenas) dengan moderator Edy Suandi Hamid (Ketua Dewan Pakar ISEI Cabang Yogyakarta). (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *