Guru Bahasa Inggris MTsN 3 Bantul Lolos Program ELTT

beritabernas.com – Aswantri Bekti SPd, Guru Bahasa Inggris MTsN 3 Bantul, lolos program English Language Teacher Training (ELTT) bersama 15 guru lain di Bantul.

ELTT merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh English Department, Faculty of Adab and Cultural Sciences, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta kerjasama dengan RELO US Embassy (Kedutaan Amerika Serikat) dan World Learning

Selain Aswantri Bekti, dariwilayah Bantul yang dinyatakan lolos seleksi adalah Joko Purwanto SPd (MTsN 8 Bantul), Susanti (MTsN 2), Aswantri Bekti (MTsN 3), Istinah (MTsN 4), Siti Nur Rohmah (MTsN 5), Armi Setyasih (MTsN 9), Desfina Priyanti (MTs Al Mahalli), Susanti Intan Kusumawati (MTs Tahfidzul Qur’an Ar-Risalah), Sri Wulan (MTs Al Falaah), Miyarti (MTs Muh Kasihan), Dea Rizky Ramadhai (SMP Unggulan Aisyiah), Eva Rismaya (MTs Binaul Ummah Pleret), Ala’ (MA Diponegoro), Umi Salimah(SD Muh Bantul Kota), Yuliana (SDN 1 Iroyudan Pajangan), dan Rizka Puspita (SD LHI). 

Trainer ELTT wilayah Bantul Aninda Aji Siwi MPd jumlah pendaftar program ini ada 1.020 orang di seluruh wilayah Indonesia dan yang dipilih sejumlah 200 peserta. Mereka ikut batch I (periode Juli-Desember 2022) dan 581 peserta untuk batch II (periode Januari-Juni 2023) yang dibagi menjadi 5 peserta/ kelompok di batch I dan 15 peserta /kelompok atau peer learning hub (PLH).

Program pelatihan atau training ini terdiri atas 2 courses yaitu English for Teaching and Professional Knowledge for English Language Teaching (ELT) dan Do the online course, final test, plus reflection, dan task.

Program dilaksanakan dalam 8 kali pertemuan pada hari Selasa. Pertemuan pertama sudah dilaksanakan di MTsN 2 Bantul pada Selasa 7 Pebruari 2023. Pertemuan kedua diselenggarakan di MTsN 3 Bantul pada Selasa 14 Pebruari 2023.

Sedangkan pertemuan ketiga di MTsN 4 Bantul pada Selasa 28 Pebruari 2023. Sampai dengan pertemuan ketiga ini semua peserta sudah menyelesaikan materi unit 1 sampai 4 yaitu Managing the Classroom A, Managing the Classroom B, Understanding Lesson Content dan Communicating Lesson Content. 

Pada pertemuan ketiga hadir juga coach ELT Febriyanti Dwi Ratna Lestari S.S MA. Ia berharap semoga semua peserta diberi kesehatan dan kelancaran dalam mengikuti training, karena sebagaimana sudah disampaikan sebelumnya, syarat memperoleh sertifikat antara lain mengikuti minimal 70 persen kegiatan training dan professional knowledge dan menyelesaikan seluruh tugas online 3-5 jam per pekan dengan baik. 

Aswantri Bekti SPd merasa senang dan antusias mengikuti kegiatan traning sampai dengan pertemuan ketiga ini. Hal ini  karena materi yang disampaikan menarik dan terkait langsung dengan kegiatan sehari-hari di kelas.

“Alhamdulillah, saya bisa menjadi bagian dari peserta dan mendapatkan materi yang menarik dengan trainer yang bersemangat, warm, jelas dalam penyampaikan. kita berdoa semua peserta selalu dikaruniai fit afiat sehingga bisa mengikuti dan mengerjakan seluruh tugas dengan baik sampai selesai program ini” ujarnya. 

Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari SPd.Si, menyampaikan pesan agar seluruh GTK yang ada di madrasah yang dipimpinnya senantiasa mengupdate dan mengupgrade diri dengan cara  aktif mengikuti kegiatan peningkatan profesionalitas baik melalui kegiatan training, workshop dan kegiatan peningkatan mutu guru lainnya. 

“Kami berharap semua GTK terus meningkatkan profesionalitas masing-masing seperti guru mata pelajaran Bahasa Inggris yang mengikuti program ELTT wilayah Bantul yang diselenggarakan oleh UIN Suka Yogyakarta, RELO Kedutaan Amerika dan World Learning,” ungkap Sugeng saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 28 Pebruari 2023. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *