Hadirkan Mahfud MD, UII Gelar Dialog Imaji Satu Abad Indonesia

beritabernas.com – UII akan menggelar dialog kebangsaan dengan tema Imaji Satu Abad Indonesia di Auditorium KH Abdulkahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, Selasa 26 Juli 2022. Dialog akan menghadirkan narasumber Menkopolhukam Mahfud, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staqufdan dan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta periode 2010-2014 Prof Musa Asy’arie.

Ratna Permata Sari S.I.Kom MA, Kepala Bidang Humas UII, mengatakan, acara ini bertujuan mendialogkan gagasan pembangunan Indonesia yang inklusif, berkelanjutan dan berbasis pada semangat pemerataan. “Guna membumikan gagasan pembangunan tersebut, tentunya diperlukan pondasi yang kokoh yakni persatuan,” kata Ratna Permata Sari dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Senin 25 Juli 2022.

Menurut Ratna, berangkat dari hal tersebut akan muncul sejumlah pertanyaan dan titik tolak bahan diskusi yang bernas, yakni sejauhmana potensi umat Islam dalam merekatkan persatuan ini? Tantangan apa yang dihadapi Indonesia dalam mewujudkan pemerataan pembangunan? Ke mana arah Indonesia dalam pembangunan manusia dan penguasaan iptek? Bagaimana potensi Indonesia dalam mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan?

“UII merasa terhormat dapat menjadi rumah untuk mendialogkan pemikiran dari para cerdik cendikia lewat acara ini. Terselip harapan, semoga pesan yang terkandung dalam acara ini semakin terlantang dan mewarnai keragaman diskursus pemikiran imaji satu abad Indonesia,” kata Ratna.

Dikatakan, mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur adalah cita-cita kebangsaan amanat para pendiri bangsa dalam Pembukaan UUD RI 1945. Kemerdekaan dan kedaulatan memang telah dicapai sejak hampir 8 dasawarsa silam. Namun mewujudkan masyarakat yang bersatu, adil dan makmur terus menjadi pekerjaan rumah lintas generasi bagi segenap anak bangsa. Terlebih di tengah tantangan zaman yang penuh ketidakpastian. Oleh karena itu, imaji satu abad Indonesia menjadi narasi yang pantas untuk didialogkan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *