Ini 5 Program Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang Paling Dirasakan Manfaatnya

beritabernas.com – Dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin sejak 2019 banyak program kerja yang dijalankan. Dari sekian banyak program kerja yang dijalankan, ada 5 program kerja yang dinilai paling dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Menurut hasil survei lembaga survei nasional Poltracking Indonesia tahun 2022 yang dikutip Direktur Teknologi Manajemen Pelaksana Program Kartu (MPPK) Prakerja Samsu Sampena dalam kuliah umum di Kampus UII, Jumat 3 Pebruari 2023, ada 5 program Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang paling dirasakan manfaatnya.

Dedi Noor Cahyanto, Chief of Staff MPPK Prakerja. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Kelima program tersebut, menurut hasil Survei Nasional Poltracking 2022 yang dikutip Samsu Sampena, adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diakui 28 persen responden, disusul Kartu Indonesia Sehat (KIS) dirasakan manfaatnnya oleh 9,90 persen responden, pembangunan jalan tol/jalan trans 7,80 persen, Kartu Prakerja dengan jumlah 7,50 persen dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 6,20 persen.

Sementara realisasi dana desa dirasakan manfaatnya oleh 2,50 persen responden, pembagian sertifikat tanah 2,40 persen, penanganan pandemi 1,60 persen dan pembangunan bendungan 1 persen. Selebihnya dirasakan manfaatnya oleh kurang dari 1 persen responden.

Wakil Rektor bidang Pengembangan Akademik dan Riset UII Prof Dr Jaka Nugraha S.Si MSi. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Samsu Sampena, program kartu Prakerja diapresiasi oleh berbagai pihak, seperti KPK dan Utusan Khusus Sekjen PBB HM Queen Maxima.

“Sistem Prakerja adalah best practice dan bisa dijadikan contoh bagi program-program lainnya,” puji KPK yang dikutip Samsu Sampena.

Pujian yang disampaikan Utusan Khusus Sekjen PBB HM Queen Maxima. “Sinergi pemerintah dengan swasta telah berhasil menciptakan inovasi program yang memberikan dampak dalam peningkatan kompetensi sekaligus menyalurkan bantuan langsung ke e-wallet penerima,” kata HM Queen Maxima yang dikutip Sampena. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *