Ini Manfaat Enzym Buah, Minuman Organik untuk Kesehatan

beritabernas.com – Buah sangat baik untuk kesehatan. Buah masak atau matang atau langsung dimakan tanpa diolah. Namun, buah juga bisa diolah menjadi classic enzym atau enzym buah sebagai minuman yang segar dan baik untuk kesehatan.

“Classic Enzym atau Enzym Buah merupakan cairan yang dihasilkan dari proses fermentasi buah-buahan segar selama 6 bulan. Bahan yang digunakan adalah buah-buahan segar, yang biasa kita konsumsi setiap hari,” kata Julia Han, relawan Eco Enzym dan praktisi di bidang pembuatan Enzym Buah, dalam workshop cara membuat minuman organik sebagai solusi peningkatan kesehatan secara daring melalui zoom meeting, Kamis 18 Agustus 2022 malam.

Menurut Julia Han, bahan pembuatan classic enzyme adalah macam-macam buah-buahan segar, madu hutan atau row madu dan air yang sehari-hari kita minum. Untuk kualitas enzym buah yang optimal maka buah-buahan segar diusahakan 30 macam. Semakin beraneka ragam buahnya, semakin mantap classic enzyme atau enzym buahnya.

Manfaat dari classic enzyme, menurut Jula Han, adalah mengoptimalkan fungsi pencernaan dalam menyerap nutrisi dari makanan, meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan daya tahan tubuh, menghilangkan radikal bebas dalam tubuh, membantu membersihkan darah dan membantu proses peremajaan sel tubuh dan kulit.

“Mari kita belajar membuat minuman organik sebagai solusi peningkatan kesehatan tubuh kita,” ajak Julia Han dalam workshop yang juga menghadirkan narasumber Sugeng Waluyo, Ketum Yayasan Upakara Bhuvana Nusantara (ahli tehnik kimia), yang diikuti 300 peserta UKM itu. (lip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *