Ini Tips Memilih Investasi Saham bagi Pemula

beritabernas.com – Yulinar Khoirunnissa, Invesment Educator Maybank Sekuritas, membagikan tips memilih investasi saham bagi pemula.

Tips-tips itu diungkapkan Yulinar Khoirunnissa saat menjadi salah satu narasumber dalam acara talkshow di Gedung Auditorium Fakultas Hukum UII, Selasa 14 Maret 2023.

Dalam talkshow yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (KSPM FBE UII) dengan tema Gen Z dan Investasi Masa Depan itu, Yulinar Khoirunnissa menyebutkan tips memilih investasi saham bagi pemula.

BACA BERITA TERKAIT: Generasi Z Perlu Mempelajari Dasar-dasar Investasi dan Pengelolaan Keuangan secara Cermat

Beberapa tips yang disebutkan adalah, pertama, tentukan tujuan investasi; kedua, sesuaikan dengan profil resiko; ketiga, pergunakan modal kecil dulu atau gunakan uang nganggur bukan uang dapur (keperluan sehari-hari).

Keempat, beli saham di perusahaan dan produk yang anda kenal dan kelima, rajin membaca riset dan berita mengenai emiten/buat trading plan.

Teddy Sunandar, Head of Business Development & Partnership Maybank Sekuritas (kanan) saat memberi keterangan kepada wartawan. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Sementara Teddy Sunandar, Head of Business Development & Partnership Maybank Sekuritas, menilai literasi finansial perlu ditanamkan sejak dini kepada Generasi Z. Apalagi data menyebutkan dari 10,4 juta nasabah, 30 persen adalah kalangan mahasiswa. “Generasi Z akan menjadi fondasi di masa depan sehingga harus dibekali ilmu,” kata Teddy Sunandar.

Selain pembekalan ilmu dasar investasi, dalam acara ini, peserta mahasiswa maupun umum bisa langsung bertransaksi dan melakukan pemantauan. 

President Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (KSPM FBE UII) Alfian Ahmad Fadillah mengatakan, Generasi Z perlu mempelajari dasar-dasar investasi dan pengelolaan keuangan secara cermat guna mempersiapkan masa depan keuangan mereka yang lebih baik.

Dengan tekad dan kemauan yang kuat, Generasi Z dapat mengatasi tantangan finansial mereka dan menghasilkan investasi yang menguntungkan.

Alfian Ahmad Fadillah, President KSPM FBE UII,(tengah). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Alfian Ahmad Fadillah, Generasi Z merupakan kelompok individu yang lahir antara akhir 1990-an dan pertengahan 2000-an. Mereka memainkan peran penting dalam masa depan investasi. Generasi ini umumnya dikenal menguasai teknologi, dan memiliki pendekatan investasi yang inovatif. 

“Dalam menghadapi masa depan investasi, Generasi Z cenderung menggunakan platform digital untuk berinvestasi. Selain itu, mereka memilih investasi yang sesuai dengan nilai-nilai sosial dan lingkungan,” kata Alfian.

Bincang-bincang bertema Gen Z dan Investasi Masa Depan yang diadakan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII Gedung Auditorium Fakultas Hukum UII, Selasa 14 Maret 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernaas.com

Namun, generasi muda ini juga dihadapkan beberapa tantangan keuangan seperti  utang mahasiswa yang tinggi dan kesulitan membeli saham berjumlah besar. Untuk itu, penting bagi Generasi Z untuk mempelajari dasar investasi dan pengelolaan keuangan secara cermat demi mempersiapkan masa depan keuangan yang lebih baik. 

“Dengan kemauan yang kuat, Generasi Z dapat mengatasi tantangan finansial bahkan menghasilkan investasi yang menguntungkan,” kata Alfian Ahmad Fadillah. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *