Saka Bhayangkara Tingkat Cabang Kota Yogyakarta Buka Orientasi Dasar 2023

beritabernas.com – Saka Bhayangkara tingkat Cabang Kota Yogyakarta buka Orientasi Dasar 2023 di Aula Sabhara Polresta Yogyakarta. Acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Saka Bhayangkara sebagai ajang untuk memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dan memberikan orientasi dasar kepada anggota baru.

Kak Agung menyematkan tanda tamu Saka Bhayangkara Kota Yogyakarta. Foto: Istimewa

Kegiatan ini diikuti oleh 78 peserta dari pangkalan se-DIY yang terdiri dari 32 putra dan 46 putri. Dalam acara ini, peserta diberikan materi mengenai kebhayangkaraan, krida dan praktik pemadaman kebakaran secara tradisional. 

Kegiatan ORDAS 2023 dibuka oleh Iptu Wagiya selaku pembina upacara mewakili Kasat Binmas Polresta Yogyakarta. Iptu Wagiya berpesan kepada peserta ORDAS 2023 agar berperan sebagai pramuka yang memiliki semangat militan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Pesan diartikan bahwa peserta ORDAS 2023 diharapkan dapat menunjukkan kesetiaan, keberanian dan kedisiplinan yang menjadi ciri khas dari pramuka. 

Dua peserta dari SMA BOPKRI 1 Yogyakarta mengikuti materi damkar dalam ORDAS Saka Bhayangkara Kota Yogyakarta. Foto: Istimewa

Selain itu, ORDAS 2023 menghadirkan pemateri dari unsur Pamong dan Instruktur Saka. Materi kebhayangkaraan dibawakan oleh Kak AW Aji Prasetyo MT materi pengenalan krida oleh Kak Hasna Maria dan praktik damkar oleh Kak Dicko Nur, Kak Okt Andi Arto, Kak Diyon Saputro dan Kak Supriyono.

Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Kak Agung Budi Putranto MT selaku Pamong Saka Putra. Dalam upacara penutupan selain mengukuhkan tamu saka juga mengukuhkan calon anggota.

Proses pengukuhan tamu saka dan calon anggota dalam upacara penutupan. Foto: Istimewa

Kak Agung merasa bangga pada adik-adik peserta Orientasi Dasar Saka Bhayangkara tahun 2023 yang telah mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik dan antusias. “Tetap semangat untuk melanjutkan proses dalam pendidikan dasar, kemudian latihan dasar sampai dilantik menjadi anggota Saka Bhayangkara Kwartir Cabang Kota Yogyakarta.

Dengan mengusung tema Ciptakan Kader Penerus Bangsa bersama Generasi Bhayangkara diharapkan ORDAS 2023 dapat mempersiapkan anggota Saka Bhayangkara yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat di masa yang akan datang. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *