Istimewa, Matsama MTsN 3 Bantul Hadirkan Polsus Ditbinmas Polda DIY

beritabernas.com – Masa Ta`aruf  Siswa Madrasah (Matsama) MTsN 3 Bantul Tahun Pelajaran 2024/ 2025 tergolong istimewa, karena menghadirkan narasumber Kasiwasjaspam Subdit Satpam/ Polsus Ditbinmas Polda DIY Kompol Estikomah AMd Kep SH MPsi, Kamis 18 Juli 2024.

Guru Seni Budaya MTsN 3 Bantul Drs Sutanto selaku ketua panitia menjelaskan, Matsama berlangsung 5 hari mulai Senin sampaidengan Jumat (15-19/7/2024) diikuti 160 peserta didik dengan pemateri dari dalam (guru madrasah) dan dari luar (Tim Edu Riset, Polsek Imogiri, Polda DIY serta pelatih Tonti).

“Untuk materi anti diskriminasi/ perundungan, kami hadirkan polisi wanita yang multi talenta karena piawai menulis dan mendongeng. Sehingga diharapkan materi mudah diterima anak dan dapat berlangsung menyenangkan,” terang Sutanto.

Menurut Sutanto, Estiqomah merupakan sosok polisi wanita yang tegas namun berjiwa lembut. Polisi yang merupakan ibu 3 anak Ghaitsa Zahira Candra, Gita Dzafirah Candra dan Ghina Dzaakirah Candra ini cukup memahami tentang dunia anak sehingga kapasitasnya tak diragukan lagi.

BACA JUGA:

Agar tidak membosankan, Estiqomah menyampaikan materi dengan dibungkus cerita fabel, Cerita menampilkan seekor ulat yang memiliki tampang tidak menarik dan berjalan dengan lamban. Banyak binatang yang mencemoohkan, meremehkan, mengucilkan dari pergaulan. Hal itu membuat Sang Raja Hutan turun tangan memberikan pemahaman kepada para binatang bahwa hal yang mereka lakukan itu tidak pada tempatnya karena termasuk penindasan.

Cerita dikemas menarik karena polwan yang suka menulis ini juga membawa boneka kesayangannya untuk menghidupkan ceritanya. Dari cerita tersebut menjadi dasar Estiqomah menjelaskan seputar anti kekerasan/ perundungan.

Dengan sistem penyampaian materi berbalut cerita ternyata cukup efektif inti materi tersampaikan kepada peserta Matsama. Bahkan peserta memiliki keberanian mengungkapkan isi materi menurut pemahaman mereka dengan dipanggil bergiliran oleh narasumber.

Kepala Madrasah Tutik Husniati S.Ag MSi menyampaikan terima kasih kepada narasumber dari Polda DIY yang telah berkenan mengisi materi Matsama.

“Kehadiran Bu Estiqomah dari Polda DIY memberi pencerahan kepada kami terkait dengan perundungan. Anak-anak kami sangat antusias menyimak materi dari awal sampai akhir, apalagi dibungkus cerita dengan boneka,” kata Tutik. (*/lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *