Jalan Bocini Segera Tersambung dengan Sukabumi Barat

beritabernas.com – Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) akan segera tersambung sampai dengan Sukabumi Barat pada tahun 2024. Saat ini, jalan Tol Bocimi memasuki pengerjaan Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak (11,9 km).

Ruas ini akan terkoneksi dengan Tol Jagorawi, sehingga dapat mengurangi waktu tempuh Jakarta-Sukabumi dari sebelumnya 4-5 jam menjadi 2 jam.

“Dengan progres konstruksi 86 persen, ruas Cigombong-Cibadak ditargetkan selesai pada Desember 2022 dan akan dilanjutkan dengan pembangunan Seksi III ruas Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 km),” kata Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, Selasa (20/9/2022).

Menurut Menteri Basuki, jalan Tol Bocimi diharapkan memperlancar konektivitas dan menjadi solusi permasalahan kemacetan ke arah Sukabumi hingga Pelabuhan Ratu di selatan Jawa. Selain itu, dapat meningkatkan perekonomian dari sektor industri, barang dan jasa.

Dalam peninjauan, Menteri Basuki menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km. Tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan Swasta dengan kerjasama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga dan PT Wiranusantara Bumi.

“Kita coba untuk bisa selesaikan seluruhnya pada 2024. Untuk Lebaran 2023, kita coba sampai Gate Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gate Jati Asih 2024,” kata Menteri Basuki.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan membentang sepanjang 64 km terbagi dalam 3 seksi yakni seksi 1 Jatiasih-Setu 9,3 km, seksi 2 Setu-Taman Mekar 24,85 km, dan seksi 3 Taman Mekar-Sadang 27,85 km. Jalan tol ini akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *