Jelang KTT ASEAN, Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo

beritabernas.com – Menjelang penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan UMKM dan lokasi wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT pada Sabtu 22 April 2023.

Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Labuan Bajo selain untuk meninjau kesiapan UMKM dan lokasi wisata menjelang KTT ke-42 ASEAN, juga dalam rangka liburan bersama keluarga hingga Senin 24 April 2023.

Pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menurut rencana akan digelar pada Mei 2023. Sambil berlibur bersama keluarga, Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan daerah tersebut menerima kehadiran para Kepala Negara/ Kepala Pemerintahan dari negara-negara anggota ASEAN.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua dari kanan) bersama menantunya, Selvi Ananda (kanan), melihat hasil tenun daerah NTT. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

Dikutip beritabernas.com dari siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo bersama keluarga tiba di Bandar Udara Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT pada Sabtu 22 April 2023.

Setelah tiba di Bandara Komodo, Presiden langsung melihat sarana dan prasarana yang ada di bandara tersebut. Kemudian, dalam perjalanan dari bandara menuju hotel tempat menginap, Presiden melihat beberapa lokasi yang perlu dipercantik untuk menyambut para tamu dari negara-negara ASEAN yang akan hadir di Labuan Bajo.

Sementara pada hari kedua berada di Labuan Bajo, Minggu 23 April 2023, Presiden beserta Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi beberapa tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Presiden ingin semua tempat wisata yang ada di Labuan Bajo dipromosikan kepada para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang hadir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat hasil tenun kas NTT di Labuan Bajo. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

“Sehingga Presiden merasa perlu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada, agar dapat mempromosikan keindahan Labuan Bajo secara langsung dan detail. Pagi tadi, Presiden bersama keluarga mengunjungi Gua Batu Cermin,” kata Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Presiden bersama keluarga mengunjungi Gua Batu Cermin dan tiba sekitar pukul 11.00 WITA. Presiden ditemani cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah serta putra-putranya yakni Gibran Rakabuming Raka beserta istri, Selvi Ananda dan Kaesang Pangarep beserta istri Erina Gudono. 

Di tempat wisata tersebut, Presiden Jokowi bersama keluarga berkeliling dengan berjalan kaki melihat area terbuka di sekitar Gua Batu Cermin. Presiden Jokowi kemudian menaiki sejumlah anak tangga untuk dapat tiba di gua tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarga berkunjung ke obyek wisata Batu Cermin Labuan Bajo. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

Setelah melihat Gua Batu Cermin, Presiden dan keluarga berjalan kaki mengunjungi Batu Payung atas permintaan cucunya, Jan Ethes. “Ayo, Ethes minta ke Batu Payung,” tutur Presiden.

Di sela-sela peninjauan, Presiden melakukan foto bersama masyarakat yang sedang berwisata ke Gua Batu Cermin. Kepala Negara juga mengunjungi sejumlah stan UMKM dan membeli sejumlah suvernir yang merupakan hasil karya masyarakat NTT, seperti kain, topi bucket dan topi pantai. 

“Pada pelaksanaan KTT ASEAN, Presiden berharap para UMKM dapat menghadirkan suvenir dengan kualitas yang baik dan berciri khas daerah tersebut, sehingga para tamu dari negara-negara ASEAN tertarik untuk membeli produk UMKM tersebut,” kata Bey. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *