Kadus Karangmojo Andy Rakhmat Santoso Serahkan Tanah Plungguh untuk Dikelola Warga

beritabernas.com – Sempat ingin mundur dari kepala dukuh pada dua bulan pertama karena belum kenal dengan warga Padukuhan Karangmojo dan bingung mau berbuat apa, namun kemudian Andy Rakhmat Santoso “betah” di Karangmojo.

Bahkan kemudian ia semakin “dicintai” warga karena program kerja dan berbagai inovasi yang dilakukan bisa diterima warga. Kini, Dusun Karangmojo semakin menggeliat dengan berbagai kegiatan yang dijalankan masyarakat.

“Tahun 2018 saya bersama istri dan anak mulai tinggal di Karangmojo. Setahun kemudian, yakni tahun 2019 ketiban sampur jadi Kadus Karangmojo. Dua bulan pertama saya pingin mundur karena belum kenal, sebagai pendatang di sini belum kenal dengan masyarakat dan bingung mau berbuat apa,” kata Andy Rakhmat Santoso, Kadus Karangmojo yang juga seorang pengusaha muda ini, dalam acara peresmian Paduka Arena di Lapangan Purwokerto Karangmojo, Sabtu 7 Mei 2022.

Menurut Andy Rakhmat Santoso, sebagai kepala dukuh ia mendapat tanah plungguh. Namun, tanah plungguh tersebut diberikan kepada para pemuda dan ibu-ibu PKK untuk dikelola dan hasilnya untuk mereka.

Kepala Dusun Karangmojo Andy Rakhmat Santoso (kanan). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Tanah plungguh yang dikelola pemuda mendapatkan hasil yang antara lain digunakan untuk membuat tenda acara peresmian Paduka Arena. Sementara tanah plungguh yang dikelola ibu-ibu PKK untuk usaha jamu Paduka dan sebagian keuntungannya untuk menyiapkan konsumsi acara peresmian Paduka Arena. Sedangkan tanah plungguh di utara Dusun Karangmojo disewa pengusaha dan hasinya digunakan untuk membangun gedung serbaguna Dusun Karangmojo.

Andy Rakhmat Santoso juga berencana untuk membuat kolam renang untuk Dusun Karangmojo. Sementara Lapangan Purwokerto yang selama ini tidak terpaku dimanfaatkan untuk membangun panggung terbuka dan kantor sekretaiat Padukuhan Karangmojo.

Dengan mengelola lapangan dengan baik, Andy Rakhmat Santoso mengaku yakin dalam 2-3 tahun mendatang Dusun Karangmojo akan semakin maju. Ia memberi contoh, saat menggelar acara syawaln pada 5 Mei 2022 mendapat infak yang lumayan banyak (lebih dari Rp 3 juta, red). Semakin banyak event yang digelar di Lapangan Purwokerto akan mendapat pemasukan lyang umayan banyak, terutama dari jasa parkir. Dari pendapatan tersebut akan digunakan untuk membangun Dusun Karangmojo.

“Nanti malam kita akan mendapatkan uang lagi dari hasil parkir karena ada acara pentas jatilan sampai malam. Semakin banyak event digelar di lapangan ini akan semakin banyak pemasukan yang semuanya digunakan untuk membangun Dusun Karangmojo. Karena itu, silahkan semua RT mengajukan proposal untuk membangun jalan yang rusak,” kata Andy Rakhmat Santoso.

Andy mengaku apa yang dilakukannya berkat dukungan dan masukan dari GM Toto Hedi Santoso (Sekretaris DPD PDI Perjuangan, red). Toto Hedi Santoso yang menurut Andy sebagai gurunya, memberikan banyak pelajaran bagi dirinya sehingga bisa seperti sekarang. “Saya mau nangis kalau menceritakan ini,” kata Andy dengan nada sedikit tertahan.

Menurut Andy Rahmat Santoso, semua kegiatan dan program kerja yang dilakukan dengan dukungan masyarakat untuk memajukan Padukuhan Karangmojo dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lurah Desa Purwomartani Semiono memuji dan mengapresiasi kinerja Kepala Dusun Karangmojo Andya Rakmat Santoso. Menurut Semiono, di bawah kepemimpinan Andy, Dusun Karangmojo mulai menggeliat dan pembangunan maju. Sehingga Dusun Karangmojo akan menjadi inspirasi sekaligus menjadi ikon Desa Purwomartani.

Ia juga memuji Kadus Karangmojo yang menyerahkan tanah plungguh yang menjadi haknya untuk dikelola warga dan hasilnya untuk warga. “Ini diharapkan akan menjadi inspirasi bagi padukuhan lain di Purwomartani,” kata Semiono. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *