Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat FBE UAJY Diisi dengan Pelatihan Sofware Akuntansi

beritabernas.com – Departemen Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) kembali menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat FBE UAJY kali ini berupa Pelatihan Sofware Akuntansi bagi MGMP Ekonomi DIY di Kampus 2 UAJY pada Rabu 13 Juni 2024. Pelatihan diikuti 50 peserta yang mewakili anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi DIY. Materi pelatihan disampaikan oleh Anggraeni Dian Kurniawati, Dosen Departemen Akuntansi FBE UAJY.

Menurut Pratiwi Budiharta, Kaprodi Akuntansi FBE UAJY, Departemen Akuntansi FBE UAJY secara periodik menyelenggarakan Abdimas atau tepatnya 4 kali setahun. Abdimas yang dilakukan dapat berbentuk pelatihan dan pendampingan.

Khusus untuk UMKM setelah pelatihan kemudian diikuti dengan pendampingan agar materi pelatihan dapat diimplementasikan. Dengan pelatihan software akuntansi ini, Pratiwi berharap para guru memahami aplikasi teori dan konsep akuntansi dengan software yang tersedia.

Kaprodi Akuntansi FBE UAJY Pratiwi Budiharta. Foto: Y Susilo

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Departemen Akuntansi FBE UAJY yang telah beberapa kali mengundang MGMP Ekonomi DIY untuk berpartisipasi dalam Abdimas, khususnya pelatihan,” kata Pratiwi Sutarni, Ketua MGMP Ekonomi DIY.

Menurut Sutarni, pelatihan ini sungguh bermanfaat bagi para guru akuntansi yang hadir dalam pelatihan ini. Sutarni berharap pelatihan bagi anggota MGMP DIY dapat dilakukan lagi di masa mendatang dengan materi dan topik yang berbeda.

Sementara Anggraeni selaku instruktut mengatakan, dengan sofware akuntansi maka penyusunan laporan keuangan dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Di samping itu, software tersebut juga dapat meningkatkan akurasi penghitungan dan memperkecil human error. Selanjutnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena proses akuntansi terotomasi. “Dengan software maka penyajian data menjadi lebih akurat untuk pengambilan keputusan,” kata Anggraeni.

BACA JUGA:

Plt Humas UAJY Y Sri Susilo mengatakan, kegiatan Abdimas yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh seluruh Departemen dan Prodi Sarjana maupun Magister di FBE UAJY.

Saat ini FBE UAJY baru mempersiapkan akreditasi internasional. Berkaitan dengan hal ttu, kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian juga berkolaborasi dengan perguruan tinggi dan institusi internasional.

“Kegiatan Tri Dharma dengan lembaga di dalam negeri tetap dilakukan,” kata Y Sri Susilo dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Jumat 14 Juni 2024. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *