Kepala SMA BOPKRI 1 Yogyakarta: Kemah Prestasi Mendidik Siswa Berjiwa Mandiri

beritabernas.com – Kepala SMA BOPKRI 1 Yogyakarta Sartana S.PAK MPd yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan mengatakan, kegiatan kemah prestasi dirancang untuk peserta didik kelas X agar keluar dari zona zaman di rumah.

Melalui kegiatam kemah prestasi, menurut Kepala SMA BOPKRI 1 Yogyakarta, anak tertempa untuk memiliki jiwa mandiri, mampu beradaptasi dengan berbagai seperti cuaca hujan, panas bersama teman-temannya selama kegiatan berlangsung.

BACA JUGA:

Dengan demikian, ke depan tercipta jiwa pemimpin yang memiliki pribadi yang mandiri, cinta budaya Indonesia dan berkarakter Pancasila seperti tema perkemahan tahun ini. 

Hal itu disampaikan Kepala SMA BOPKRI 1 Yogyakarta Sartana ketika membuka kegiatan kemah prestasi SMA BOPPKRI 1 Yogyakarta di Bumi Perkemahan Jaka Garong, Kembang Wonokerto, Turi, Sleman Rabu 13 Juni 2024. Kegiatan berlangsung selama 3 hari hingga 15 Juni 2024.

Kepala SMA BOPKRI I Sartana pimpin upacara. Foto: agung bp

Dalam kegiatan tersebut, peserta sangat antusias mengikuti berbagai lomba dengan berkompetisi secara baik di setiap kegiatan. Meski pada hari pertama di sore hari sempat diguyur hujan peserta perkemahan tetap melaksanakan kegiatan yang sudah disusun dan dijalankan oleh Sangga Kerja perkemahan. 

Dalam kemah prestasi, kegiatan yang dilakukan antara lain lomba yel-yel, paduan suara sangga, pionering, cerdas cermat pramuka, berpacu dalam pujian, caraka dan kim, aplikasi P5 dan sebagainya. Selain itu, diadakan lomba memasak dengan bahan dasar umbi-umbian, hasta karya dengan membuat tempat penyajian hidangan dari daun pisang dan menciptakan dengan modifikasi permainan tradisional. 

Pada akhir perkemahan dilakukan kegiatan wirakarya atau bersih lingkungan dilanjutkan dengan upacara penutupan yang dipimpin Dra V Lies Ratnawati selaku ketua panitia. Dalam upacara penutupan diumumkan sangka-sangka berprestasi dan tergiat dalam kegiatan Kemah prestasi. 

Kamabigus Depan Sartana pimpin upacara pembukaan. Foto: agung bp

Dalam upacara penutupan, pembina berharap agar para peserta perkemahan dapat mengaplikasikan kemandirian, kedisiplinan dan menghargai budaya Indonesia selama berkemah dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Kemah prestasi kali ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X yang berjumlah 228 peserta. Mereka terbagi menjadi 13 sangga putri dan 16 sangga putra yang didampingi oleh 22 Dewan Ambalan serta kakak Pembina antara lain Dra V Lies Ratnawati selaku Ketua Panitia, Cita Murti Pramaeswari, S.Pd, Oktavianus Chris Ardyanta, S.Pd, Monica Rante Arru S.Pd.Gr, M.Min, Drs. Mursetyadi Yuli Sadono, M.Pd, Greggorius Aditya Wibisono, S.Pd, Dika Puspa wijaya, S.Pd, Gideon Haryo Adhi, S.H, Lukas Istiadi, S.Th, MT, Agung Budi Putranto, MT yang mendampingi kegiatan yang dikelola oleh sangga kerja kelas XI. (agung budi putranto)

.


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *