Ketua Srikandi Sungai Indonesia Kunjungi Ceme

beritabernas.com – Ibu-ibu anggota Bank Sampah Alam Lestari Ceme Srigading, Sanden, Bantul mendapat kehormatan karena dikunjungi Ketua Umum Srikandi Sungai Indonesia (SSI) Dr Sri Rahayu Budiani M.Si bersama Sekretaris Seri Aryati SPd M.Sc di Sekretariat Bank Sampah RT 04 Pedukuhan 02 Ceme, Minggu, (27/11/2022).

Kehadiran Ketua SSI bersama rombongan diterima perempuan aktivis bank sampah seperti Sumartanti, Sutinem, Mulyatinah dan lain-lain. Turut hadir pula Ketua Bank Sampah Slamet Dukuh Ceme Nuri Suharyani dan Sutanto selaku tokoh masyarakat.

Sri Rahayu Budiani atau yang lebih akrab disapa Bu Ani mengatakan, kedatangannya bersama tim untuk melihat secara langsung kiprah para peserta yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Jumat-Sabtu (28-29/10/2022) lalu di Georium Prambanan Jateng, pelatihan Mijel, Ecobrick, Ecoprint.

Praktik membuat Ecoprint. Foto: Sutanto

“Saya percaya bahwa perempuan itu kuat, tak sekedar sebagai kanca wingking suami. Perempuan punya potensi untuk mengembangkan diri bukan terus melebihi suami itu tidak, namun dengan potensinya bisa turut menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam mengelola sampah dan pengelolaan lingkungan. Syukur-syukur dari pelatihan yang diikuti bisa menambah penghasilan,” terang Ani.

Dosen Fakultas Geografi tersebut mengaku, kehadirannya untuk menyerap masukan atau mungkin kekurangan yang ada dari pelatihan yang telah diselenggarakan sebagai bahan evalusai ke depan. Harapannya keterampilan yang telah diberikan dapat dikembangkan di lingkungan masing-masing.

Ani bersama rombongan juga berkesempatan melihat langsung hasil karya perempuan di Ceme baik itu Mijel, Ecobrick, hasil karya daur ulang sampah serta melihat praktik pembuatan ecoprint dengan media 6 lembar kain.

Hasil Akhir Ecoprint. Sutanto

Sumartanti mengaku, setelah mendapat pelatihan dirinya bersama anggota bank sampah mempraktikkan, studi tiru di beberapa tempat untuk menambah ilmu dan wawasan sebagai upaya agar karya yang dihasilkan bisa bagus.

Dukuh Ceme Nuri mengaku bangga karena dusunnya mendapat kunjungan Tim SSI. Dirinya berjanji akan turut menggerakkan perempuan di Ceme agar berpartisipasi aktif mengelola lingkungan. Pada kesempatan itu Ketua Bank Sampah Slamet memberikan kenangan berupa Eco Enzym kepada tim SSI sebagai bukti bahwa masyarakat Ceme peduli lingkungan dengan memanfaatkan sisa daun dan buah diolah menjadi cairan yang bermanfaat. (sutanto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *