Kwarran Depok Gelar Orientasi Mabigus 2022

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Depok tahun 2022 menyelenggarakan Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan se-Kwartir Ranting Depok di Aula SMK Negeri 2 Depok, Slemn, pada Rabu 21 Desember 2022. Orientasi mengangkat tema Meningkatkan Kapasitas Peran Mabigus dalam Kegiatan Pramuka di Kwartir Ranting Depok.

Kegiatan orientasi diawali sambutan Drs Agus Waluyo M.Eng, Kamabigus SMK N 2 Depok. Ia menyampaikan terima kasih kepada Kwartir Ranting Depok atas kepercayaannya untuk menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan orientasi mabugus seKwartir Ranting Depok tahun 2022. Selain itu, ia mengucapkan selamat datang bagi seluruh  kepala sekolah SD, SMP dan SMA selaku Kamabigus di SMK N 2 Depok.

Kegiatan orientasi Mabigus se-Kwarran Depok dibuka oleh Kristianta M.Pd selaku Ketua Kwartir Ranting Depok. Menurut Kristian, kegiatan orientasi mabigus ini sebagai salah satu sarana untuk memberikan pemahaman tugas pokok serta fungsi mabigus dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di tingkat gugus depan.

Pemberian materi dengan narasumber Agus Margunaji dan Joko Gambiro dengan moderator MM Suyatini. Foto: agung bp

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 55 pangkalan atau sekolah yang ada bawah Kwarir Ranting Depok. Orientasi Mabigus ini diisi beberapa materi yang diberikan oleh Agus Margunaji selaku Ketua Pusdik Kwarcab Sleman dan Joko Gambiro selaku Wakil Ketua Orhum Kwarcab Sleman dengan moderator MM Suyatini M.Pd.

Dalam rangkaian pembukaan kegiatan Kwartir Cabang Sleman diwakili oleh Murdiwiyono selaku Sekretaris Kwarcab Sleman yang menyampaikan bahwa tahun 2023 Kwarcab Sleman akan menyelenggarakan lomba gugus depan dan pembina terbaik tingkat Kwartir Cabang Sleman.

Kegiatan orientasi mabigus tahun 2022 ditutup oleh Ery Widaryana MM selaku Ketua Kwartir Cabang Sleman. Menurut Edy Widaryana, gugus depan harus senantiasa bersinergi dengan kwartir dalam program kegiatan, sehingga dapat menjadi gugus depan maupun kwartir yang eksis dan tetap melakukan pembenahan baik dalam struktur serta mekanisme keanggotaan.

Ketua Kwarran Depok menyerahkan donasi tambahan bencana Cianjur diterima oleh KaKwarcab Sleman. Foto: agung bp

Kakwarcab juga menyampaikan gugus depan dapat menyampaikan akan memberikan intensif bagi pembina Pramuka digugusdepan sehingga dapat menjadi semangat bagi para pembina dalam meningkatkan kopentensi serta melaksanakan program kegiatan kepramukaan didalam ikut berperan aktif mendidik generasi Bangsa untuk menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan yang sama Kristianta, M.Pd selaku Kakwarran Depok juga menyampaikan donasi tambahan untuk bencana Cianjur yang diterima oleh Kakwarcab senilai Rp 10 juta yang dihimpun melalui bumbung Pramuka peduli dari gugus depan yang ada di kwartir ranting Depok. (agung budi putranto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *