Mahasiswa Asing Ikuti Industrial Visit and Cultural Immersion 2022 di Prodi IP FTI UII

beritabernas.com – Sebanyak 5 mahasiswa asing dari negara-negara ASEAN mengikuti program Industrial Visit and Cultural Immersion 2022 yang diadakan Program Studi (Prodi) Teknik Industri, Program Sarjana Internasional atau International Program (IP) FTI UII.

Dalam program tersebut, para mahasiswa asing didampingi mahasiswa Prodi Teknik Industri Program IP melakukan kunjungan ke industri-industri yang di DIY, termasuk industri batik.

Ir M.Eng Ira Promasanti Rachmadewi, Ketua Program Sarjana Internasional FTI UII didampingi Danang Setiawan ST MT (Dosen Jurusan Teknik Industri FTI UII) dan Yunita Auliya Rahman (Mahasiswa Prodi Teknik Industri, Program Sarjana Internasional FTI UII) kepada wartawan di Kampus FTI UII, Rabu 3 Agustus 2022, mengatakan, program ini merupakan bagian dari komitmen Internasional Program (IP) Teknik Industri UII untuk meraih eksposur internasional dan menghadirkan atmosfer global di UII (globalization at home).

Baca juga:

“Melalui globalization at home, mahasiswa Prodi S1 Teknik Industri Program Internasional dapat berinteraksi dengan mahasiswa asing selama program berlangsung,” kata Ira Promasanti Rachmadewi.

Dikatakan, program ini merupakan rangkaian dari Short Course-TRIZ International Certification Level 1 Practitioner yang diselenggarakan pada Maret-April 2022. Di dalam short course tersebut, dipilih 5 peserta terbaik untuk kemudian diberikan beasiswa keikutsertaan dalam Program Industrial Visit and Cultural Immersion 2022.

Yunita Auliya Rahman, Mahasiswa Prodi Teknik Industri, Program Sarjana Internasional FTI UII (kiri) bersama Ir M.Eng Ira Promasanti Rachmadewi, Ketua Program Sarjana Internasional FTI UII (tengah) dan Danang Setiawan ST MT, Dosen Jurusan Teknik Industri FTI UII (kanan). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Dikatakan, mahasiswa-mahasiswa internasional tersebut siap mengunjungi Jurusan Teknik Industri UII, candi di perpustakaan UII dan mengeksplor tempat-tempat budaya dan industri lokal yang ada di Yogyakarta didampingi mahasiswa International Program (IP) Teknik Industri FTI UII.

Menurut Ira, sebagai daerah istimewa, Yogyakarta memiliki pilihan wisata budaya dan industri kerajinan dan makanan yang dapat dibanggakan. Dalam program Industrial Visit and Cultural Immersion 2022 selama dua hari pada 3-4 Agustus 2022, mahasiswa internasional menikmati dan mengukir kenangan tak terlupakan selama di Yogyakarta.
 
Peserta dijadwalkan mengunjungi dua industri lokal di Yogyakarta yaitu Batik Arimbi dan PT Dekor Asia Jayakarya. Peserta akan mendapatkan pengalaman untuk membuat dan melukis batik untuk kaos mereka di Batik ARIMBI.

Selain itu, melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan bambu tradisional di PT Dekor Asia Jayakarya dan melihat proses pembuatan coklat di Coklat Ndalem. Merekaa juga melakukan kunjungan budaya ke Kraton Yogyakarta, mencoba pakaian tradisional Jawa, menyaksikan dan mempelajari tarian tradisional dan melihat keindahan Candi Prambanan.

Yunita Auliya Rahman, Mahasiswa Prodi Teknik Industri, Program Sarjana Internasional FTI UII, yang mendampingi mahasiswa asing dalam program tersebut mengaku mendapatkan pengalaman yang berbeda selama mendampingi para mahasiswa asing tersebut.

Selain semakin fasih berbahasa Inggris karen berkomunikasi dengan mahasiswa asing, juga mendapatkan kesan positif dari para mahasiswa asing. Mereka menilai produ industri di Indonesia, khususnya DIY, tak kalah dengan produk asing, bahkan dalam hal tertentu lebih unggul seperti batik. Demikian pula kuliner di Jogja sangat beragam sehingga memberi banyak pilihan bagi wisatawan yang berkunjung. (ip)

 
 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *