Malioboro dan Sekitarnya Padat Merayap

beritabernas.com – Meski masa libur Idul Fitri sudah berakhir hingga Sabtu 7 Mei 2022, namun pada Minggu 8 Mei 2022 malam di Malioboro dan sekitarnya tetap dipadati mobil. Jalan Malioboro dan sekitarnya pun padat merayap.

Dari pengamatan beritabernas pada Minggu 8 Mei 2022 malam, hampir semua ruas jalan menuju ke Malioboro maupun yang keluar dari Malioboro dipadati kendaraan bermotor, terutama mobil. Misalnya, Jalan Kleringan, Jalan Abubakar Ali, Jalan Mataram, Jalan Suryotomo maupun ruas-ruas jalan sebelah barat Malioboro juga padat meski tidak macet.

“Kok masih pada libur yah. Apakah besok mereka tidak bekerja?” celetuk Ratnawati, seorang warga Jogja, mengomentari masih padatnya ruas Jalan Malioboro dan sekitarnya dengan mobil-mobil plat luar DIY.

Meski tidak menimbulkan kemacetan, namun jumlah kendaraan terutama mobil plat luar DIY memadati ruas-ruas jalan sekitar Malioboro dan sekitarnya. Kepadatan sangat tampak terjadi mulai dari Kleringan, alan Pasar Kembang hingga perempatan Pingit.

Sejumlah kendaraan bermotor padati lahan parkir di sisi Timur Alun-alun Selatan Yogyakarta, Jumat 6 Mei 2022 malam. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Kebanyakan mobil berplat luar kota, seperti Jakarta, Bandung bahkan dari Sumatera. Selain memenuhi halaman parkir hotel-hotel di sepanjang Jalan Pasar Kembang, mobil-mobil pun memenuhi sisi kiri dan kanan Jalan Pasar Kembang sehingga memakan badan jalan dan menimbulkan kepadatan. Kendaraan yang lewat berjalan tersendat-sendat.

“Ini menguji kesabaran. Banyak mobil yang parkir di kiri kanan jalan yang memakan badan jalan sehingga kendaraan yang lewat pun terhambat,” kata Lidya, seorang warga Jogja yang ditemui beritabernas.com saat melintasi Jalan Pasar Kembang pada Minggu 8 Mei malam.

Sebelumnya, pemerintah mempridiksi puncak arus balik terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022. Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau warga agar balik lebih awal atau setelah puncak arus balik dengan seizin perusahaan atau instansi tempat kerja guna menghindari kepadatan dan kemacetan pada puncak arus balik. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *