Mendukung Arus Mudik Idul Fitri Lancar, Menteri PUPR: Tiga Faktor Ini jadi Kunci

beritabernas.com –Untuk mendukung arus mudik libur Idul Fitri 2023 lancar, Kementerian PUPR menyiapkan 3 hal ini. Selain itu, Kementerian PUPR juga menyiapkan sejumlah langkah lain agar arus mudik tertib, aman dan lancar.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, supaya arus mudik Idul Fitri makin lancar, Kementerian PUPR telah menyiapkan berbagai dukungan mudik lebaran. Tiga hal utama yang disiapkan adalah kesiapan jalan nasional, dukungan jalan tol operasional dan dukungan jalan tol fungsional.

Dikatakan, bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai operator, Kementerian PUPR sebagai regulator terus berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat saat arus mudik dan arus balik dari waktu ke waktu.

https://www.instagram.com/kemenpupr/

Ada 3 faktor kunci yang memengaruhi kelancaran perjalanan mudik Lebaran tahun 2023, menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, adalah ketersediaan prasarana, dukungan regulasi dan perilaku masyarakat untuk menaati peraturan yang berlaku.

Menurut Menteri PUPR, indikator utama keberhasilan prasarana transportasi adalah safer, faster dan cheaper. Hal itu dicapai dengan menyiapkan jalan nasional, 70 ruas tol operasional serta 11 ruas tol fungsional di Jawa dan 4 jalan tol di Sumatra.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan dengan memperluas dan menambah layanan rest area pada ruas tol, memperbaiki jalan nasional serta memperlebar/menambah lajur ruas jalan tol.

Dirjen Bina Marga PUPR Hedy Rahadian. Foto: IG@kemenpupr

Dukungan regulasi diberikan melaluiĀ kebijakan cuti bersama, diskon tarif tol/tiket pesawat, manajemen lalu lintas melalui penerapan one-way, contra flow, ganjil-genap, hingga pembatasan pengangkutan logistik oleh truk/ kontainer selama masa mudik Lebaran.

Sementara faktor kesiapan dan perilaku masyarakat saat mudik juga memengaruhi kelancaran mudik. Untuk itu, pemudik harus tertib dan disiplin menaati aturan dan mengikuti petunjuk petugas di lapangan, sehingga perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman.

“Dengan dukungan prasarana infrastruktur yang lebih baik, mudah-mudahan mudik tahun ini bisa terlaksana seperti harapan yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi, yakni mudik aman, nyaman, dan berkesan positif,” kata Menteri Basuki. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *