Menjadi Anggota Legislatif 5 Periode, MY Esti Wijayati Menginspirasi Generasi Milenial

beritabernas.com – MY Esti Wijayati, Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil DIY bisa menjadi sumber inspirasi bagi kaum muda, generasi milenial dan generasi Z, terutama di dunia politik.

Betapa tidak, MY Esti Wijayati bisa duduk di lembaga legislatif selama 5 periode mulai dari DPRD Kabupaten Sleman sejak tahun 1999, kemudian DPRD Provinsi DIY dan kini DPR RI. Ia merintis karir politik dari bawah atau dari nol. Meski bukan berasal dari keluarga kaya, karir politik MY Esti Wijayati melejit berkat adanya kepercayaan masyarakat.

Baca berita terkait: SmartFest, Mengajak Generasi Muda Cerdas Mengelola Finansial

Kepercayaan itu muncul, karena MY Esti benar-benar memperjuangkan aspirasi masyarakat, bukan sekadar janji manis tanpa bukti. Ia juga memiliki kepedulian tinggi kepada masyarakat luas dengan memberikan bantuan beasiswa kepada ribuan siswa mulai dari SD, SMP, SMA hingga mahasiswa di perguruan tinggi.

MY Esti Wijayati pertama kali menjadi anggota DPRD Kabupaten Sleman 1999 dalam usia yang belum genap 30 tahun. Setelah selama 2 periode menjadi Anggota DPRD Sleman, MY Esti kemudian menjadi Anggota DPRD DIY selama satu periode.

Suasana acara SmartFest yang diadakan LKM Universitas Sanata Dharma dan Smart Community,di Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma Yogyakarta kampus 2 Mrican, Sabtu 28 Januari 2023. Foto: Humas Panitia

Karir politik MY Esti semakin meningkat setelah mendapat kepercayaan masyarakat DIY untuk menjadi Anggota DPR RI selama 2 periode sejak 2014 dan kemudian kembali terpilih pada Pemilu 2019 hingga sekarang.

Dengan demikian, sejak 1999 hingga sekarang, MY Esti Wijayati sudah genap lima periode menjadi wakil rakyat dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat.

MY Esti Wijayati bukan lahir dari golongan orang kaya raya maupun yang memiliki jabatan dan kekuasaan tinggi. Meski demikian, ia berhasil mendapat kepercayaan masyarakat sejak usia muda. Karena belum genap berusia 30 tahun, ia sudah menjadi Anggota DPRD Kabupaten Sleman tahun 2019.

Tentu ini dapat menginspirasi generasi milenial dan Z saat ini agar tidak alergi terhadap dunia politik praktis. Ia pun mendorong dan mendukung anak muda untuk menekuni dunia bisnis sejak dini dengan memberikan bantuan modal usaha melalui jalur aspirasi berupa KIPK.

Dr Subkhi Ridho (kanan) dan Bernadus Setya Ananda Wijaya dalam acara talkshow SmartFest di Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Kampus 2 Mrican, Sabtu 28 Januari 2023. Foto: Humas Panitia

Di hadapan para mahasiswa penerima KIPK jalur aspirasi MY Esti Wijayati, kedua narasumber Bernadus Wijaya selaku CEO Sucor Securitas dan RA Yashinta Sekarwangi Mega, alumnus Hubungan Internasional UGM, MY Esti Wijayat memberikan motivasi dan inpirasi perjalanan karir mereka.

Pada 2021, Bernadus Wijayaia sebagai salah satu anak muda yang masuk dalam Forbes 30 Under 30 Asia 2021 di bidang Financial and Venture Capital pada Maret 2021. Kemudian, pada tahun 2022 ia mendapat penghargaan dari Tatler Asia sebagai Gen T Asia.

Bernadus Wijaya menjadi CEO PT Sucor Sekuritas sebelum usianya genap 30 tahun. Sebuah prestasi yang membanggakan dan tentu bukan dari hasil instan, namun butuh kerja keras yang tentunya tidak mudah untuk dilalui. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *