Meski Diguyur Hujan Deras, Ribuan Pendukung Ganjar Mahfud Ikuti Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta

beritabernas.com – Meski hujan deras melanda Yogyakarta pada Minggu 21 Januari 2024 sejak jam 04.00 pagi tak menyurutkan niat ribuan pendukung pasangan Capres-Cawapres nomor urut 03 Ganjar Mahfud untuk mengikuti jalan sehat Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta.

Para pendukung Ganjar Mahfud yang datang dari berbagai wilayah di Yogyakarta, seperti Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta bahkan sebagian dari Magelang, Klaten, Jawa Tengah itu tumpah ruang memadati sisi utara Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Di bawah guyuran hujan deras yang tak henti, mereka berbondong-bondong ke ke Alun-Alun Selatan Yogyakarta sebagai lokasi start dan finish jalan sehat Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta yang diadakan oleh Gabungan Relawan Ganjar Mahfud DIY (Garda Istimewa). Ada yang mengenakan mantol, ada yang memakai payung namun tidak sedikit yang tanpa mengenakan alat pelindung.

Ketua TPN Ganjar Mahfud Arsjad Rasjid (kaos putih dan topi putih) saat melepas peserta jalan sehat, Minggu 21 Januari 2024. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Meski jarak tempuh cukup jauh mencapai hampir 7 kilometer, semua peserta mengikuti sejak dari tempat start sampai finish. Meski di sepanjang jalan diguyur hujan, mereka menikmati jalan sehat dengan penuh gembira.

“Ini benar-benar semangat yang tumbuh dari dalam diri warga, bukan karena diiming-imingi apapun. Jadi dukungan warga untuk Ganjar dan Mahfud benar-benar dari hati nurani bukan karena direkayasa, apalagi dengan iming-iming bansos dan sebagainya,” kata Surono, seoarang peserta jalan sehat.

“Luar biasa semangat warga Yogyakarta untuk memenangkan Ganjar-Mahfud. Kalau kita ingin Indonesia lebih baik pilih Ganjar-Mahfud karena merekalah yang terbaik. Terima kasih warga Jogja karena meski hujan, bapak ibu tetap semangat ikut jalan sehat,” kata Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud, Arsjad Rasjid ketika melepas peserta jalan sehat Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta dari depan Sasan Hinggil Dwi Abad Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Menurut Arsjad Rasjid, program yang diusung Ganjar Pranowo sangat bermanfaat dan menyetuh kepentingan rakyat. Ia menyebut salah satu contoh program KTP Sakti yang memudahkan masyarakat untuk mengakses apa saja.

BACA JUGA:

“Cukup memegang KTP Sakti bapak ibu bisa mengakses bansos, pupuk subsidi, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Buat apa banyak kartu, cukup satu kartu yakni KTP Sakti apa pun bisa diakses dan tepat sasaran,” kata Arsjad Rasjid yang disambut tepuk tangan riuh peserta jalan sehat.

Selain Arsjad Rasjid, ikut melepas peserta jalan sehat adalah GBPH Prabukusumo S.PSi yang akrab disapa Prabu dan KPH Purbodinigrat yang akrab disapa Gusti Purbo. Menurut Gusti Purbo, sebagai kawula Ngayogyakarta tidak akan pernah lupa jasa Ganjar Pranowo yang berjuang an menggolkan UU Kestimewaan DIY ketika ia menjadi Anggota DPR RI.

Karena itu, menurut Gusti Purbo, sudah sepatutnya warga Ngayogyakarta berusaha dan mendukung Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden RI pada Pemilu 2024.

Sementara Widihasto Wasana Putra, koordinator acara jalan sehat Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta, mengatakan, jumlah peserta jalan sehat mencapai lebih dari 5.000 orang yang mendaftar secara online maupun offline. “Mereka mendaftar by name dan ada NIK-nya,” kata Hasto serya menyebut acara jalan sehat ini dinisiasi oleh Gabungan Relawan Ganjar Mahfud DIY (Garda Istimewa).

Di bawah guyuran hujan deras, peserta jalan sehat Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta, Minggu 21 Januari 2024, tetap semangat. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Hasto, acara ini memiliki makna esensial, yakni sebagai sarana merajut kebersamaan lintas komponen masyarakat menyambut pesta demokrasi. Dengan demikian, Pemilu 2024 diharapkan berjalan jujur adil dan bermartabat.

Sementara pemilihan titik start dan finish di Kagungan Dalem Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta adalah sebagai media edukasi sejarah kepada masyarakat luas akan keberadaan Kasultanan Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa bagian dari NKRI.

Setelah dilakukan penarikan doorprize berupa 3 ekor sapi, 30 ekor kambing, 30 ekor ayam, 30 ekor mentok dan puluhan kilorgram ikan, acara pun berakhir. Ketika acara hendak ditutup, hujan deras disertai angin kencang kembali turun. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *