Milad ke-80, Rektor UII: Awal Semangat Menyongsong 1 Abad UII

beritabernas.com – Pada 27 Rajab 1444 H atau bertepatan dengan 20 Pebruari 2023, UII memasuki Milad ke-80. Peringatan Milad-80 ini menjadi awal semangat dalam menyongsong 1 abad atau 100 tahun usia UII pada tahun 1464 H atau 2042 Masehi.

Menurut Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, usia 80 tahun UII juga diikuti oleh tanggung jawab besar. Sebagai salah satu pionir perguruan tinggi di Indonesia, UII perlu menjaga untuk bisa tetap menjadi salah satu kiblat perkembangan, referensi dan menjadi salah satu rujukan untuk diengar oleh banyak pihak.

Hal ini tercermin dari tema Milad ke-80 UII yakni Substantif, Inklusif dan Kontributif. “Substantif merepresentasikan khidmat UII di usia ke-80 ini dalam mencapai pertumbuhan yang lebih substantif sesuai dengan visi dan misinya. Substantif dalam arti menghindari pertumbuhan yang bersifat kosmetik. Memang tidak mudah, tetapi tetap diupayakan,” kata Prof Fathul Wahid dalam Media Gathering di sebuah rumah makan di Sleman, Kamis 16 Pebruari 2023.

Ketua Panitia Milad ke-80 UlI Ahmad Sadzali Lc MH. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Sementara inklusif menggambarkan eksistensi UII yang bersifat plural dengan terbuka, tidak fanatik terhadap satu pemahaman keislaman dan meniaga keharmonisan dalam kemajemukan keyakinan serta mendukung semangat kebangsaan. “UII ingin merawat nilai-nilai inklusif yang sejak berdiri sebagai basis. UII sebagai rumah besar bangsa,” kata Rektor UII.

Sedangkan kontributif, menurut Prof Fathul Wahid, mencerminkan komitmen UII untuk senantiasa memberikan kontribusi kepada bangsa Indonesia dan masyarakat dunia. “Kontributif dalam arti bagaimana UII dan semua warga bisa mengaktualisasikan kontribusinya kepada banyak pihak, kepada bangsa dan negara berupa gagasan, karya, termasuk kualitas lulusan,” kata Prof Fathul Wahid.

Empat Agenda Milad

Sementara itu, Ahmad Sadzali Lc MH selaku Ketua Panitia Milad ke-80 UlI mengatakan ada 4 agenda dalam peringatan Milad ke-80 UII yakni kajian ilmiah akademis, olahraga, keagamaan dan pengabdian masyarakat serta seni budaya.

Kajian ilmiah akademis meliputi seminar nasional dengan tema Hukum dan Kebijakan Pembangunan, peluncuran buku, mini seminar Eksposisi Riset: Bursa Gagasan untuk Negeri dan Sarasehan Imaji Satu Abad UII.

Dikatakan, selain rangkaian agenda yang telah ditetapkan oleh panitia pusat, Milad ke-80 UII juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan di seluruh fakultas dan unit di lingkungan UII. Seluruh kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka berkontribusi kepada UII dan bentuk syukur Milad ke-80. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *