Museum di Sleman Gelar Pameran di TVRI Yogyakarta

beritabernas.com – Forum Komunikasi Museum Sleman (FKMS) bekerjasama dengan TVRI Yogyakarta dan didukung Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menggelar pameran di Lobby TVRI Stasiun Yogyakarta, mulai Jumat 15 Juli 2022.

Pameran yang dibuka oleh Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd dengan tema Museumania Reach the World dan diikuti 15 museum di Kabupaten Sleman tersebut akan berlangsung hingga 9 Agustus 2022.

Ketua Panitia Pameran Wildan Kasyfi Zulizar S.Ark mengatakan, pameran ini dimaksudkan agar keberadaan museum di Kabupaten Sleman lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Sejarah Bahasa Sastra & Permuseuman Anas Mubakkir S.S mengatakan bahwa museum merupakan institusi yang mewakili wajah peradaban masyarakat setempat.

Para tamu meninjau stand pameran. Foto: Istimewa

Karena itu, mengunjungi museum seperti menikmati khasanah kekayaan sejarah, ilmu pengetahuan, seni dan budaya serta pariwisata.

Sedangkan Kepala TVRI Stasiun Yogyakarta dalam sambutan yang dibacakan oleh Sektiyono Wahyujati mengatakan bahwa museum sama dengan media. Jika museum adalah cerminan dari peradaban, maka konten media adalah cerminan dari dinamika hiruk-pikuk kehidupan masyarakat sehari-hari. 

“Jika museum bersifat melestarikan nilai-nilai dan jejak peradaban, maka media TVRI melestarikan dan melaksanakan edukasi nilai-nilai luhur bangsa, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan Pancasila,” katanya.

Pembukaan pameran ditandai pemotongan pita oleh Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd dilanjutkan dengan penyerahan buku kenangan 50 Tahun Barahmaus DIY kepada Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman dan Kepala TVRI Stasiun Yogyakarta, diakhiri kunjungan ke stand pameran dan ramah-tamah.

Hadir pada acara pembukaan di antaranya Drs Budi Husada (Kepala Pelestarian dan Pengembangan Sejarah Sastra & Permuseuman Dinas Kebudayaan DIY), Ketua FKMS Nanang Dwinarto beserta jajaran pengurus serta para Kepala Museum se-Kabuparten Sleman. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *