Pemuda Katolik Gagas Gerakan Pemuda Penggerak Transformasi Digital

beritabernas.com – Pemuda Katolik menggagas gerakan nasional pemuda penggerak transformasi digital yang disingkat Petra Digital. Hal ini merupakan gerakan penguatan literasi digital yang akan dijalankan oleh Pemuda Katolik di 37 Keuskupan dan kurang lebih 1.288 paroki di seluruh wilayah Indonesia. 

Program ini merupakan wujud kerjasama dengan Kominfo dan ini merupakan kesempatan yang baik bagi kader-kader Pemuda Katolik untuk berkontribusi bagi bangsa dalam rangka mempercepat akselerasi visi besar transformasi digital melalui gerakan nasional ini.

“Dalam rangka mencapai Tansformasi Digital Indonesia, bersama Kominfo Pemuda Katolik akan melakukan penyiapan talenta digital mulai dari tingkat basic terkait literasi digital, tingkat intermediate terkait pelatihan keterampilan bidang TIK, dan tingkat advanced terkait Digital Leadership Academy demi menyiapkan pemimpin yang mahir dalam pengambilan keputusan penting di era digital sekarang dan yang akan datang,” kata Stefanus Gusma, Ketua Umum PP Pemuda Katolik, dalam acara Pra Kick-Off “Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital” yang diadakan Pemuda Katolik bersama dengan Kominfo di Hotel Mercure, Sabang, Jakarta Pusat, Kamis (14/4/2022).

Suasana acara Pra Kick-Off “Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital” yang diadakan Pemuda Katolik bersama dengan Kominfo secara hybrid di Hotel Mercure, Sabang, Jakarta Pusat, Kamis, (14/4/2022). Foto: Dok Pemuda Katolik

Acara yang dibuka oleh Staf Khusus Menteri Kominfo Philip Gobang ini dilaksanakan secara hybrid dan menghadirkan beberapa narasumber, para praktisi media hingga akademisi yakni Rektor Universitas Tarumanegara Agustinus Purna Irawan, Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, Redaktur Majalah Hidup Yustinus Wuarmanuk dan Bondan Wicaksono dari PP Pemuda Katolik.

Menurut Stefanus Gusma, program Indonesia cakap digital ini menyiapkan dan membekali masyarakat dengan pengetahuan dan ketrampilan teknologi agar menjadi digital yang mumpuni dan berdaya saing dengan empat nilai utama yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital dan keamanan digital.

Sementara Menkominfo Johnny Gerard Plate dalam sambutan melalui video, mengatakan Kominfo menargetkan pada tahun ini sebanyak 50 juta masyarakat di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia yang cakap digital. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ruang digital yang gelap karena perundungan, konten negatif, bahkan adanya kesempatan lahirnya terorisme.

Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Gusma (kiri) saat menyampaikan sambutan pada acara Pra Kick-Off “Gerakan Nasional Pemuda Penggerak Transformasi Digital” yang diadakan Pemuda Katolik bersama dengan Kominfo secara hybrid di Hotel Mercure, Sabang, Jakarta Pusat, Kamis, (14/4/2022). Foto: Dok Pemuda Katolik

Sedangkan Rektor Universitas Tarumanegara Agustinus Purna Irawan menekankan pada kultur organisasi yang melek teknologi. Ia berharap, ke depan Pemuda Katolik menciptakan agenda tetap seperti pembinaan OMK yang melek teknologi hingga ke pelosok Tanah Air.

“Saya berharap agar Pemuda Katolik membuat program kolaborasi peningkatan literasi dan meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat bersaing dengan realitas tuntutan zaman,” kata Agustinus Purna.

Hal senada ditegaskan oleh Bondan Wicaksono. Ia menjelaskan, agenda tersebut merupakan upaya mendukung akselerasi visi transformasi digital pemerintah dengan mengaktivasi seluruh jaringan struktur dan kader Pemuda Katolik dan berbagai komunitas Orang Muda Katolik di berbagai wilayah. Cakupannya ada di 34 provinsi, 350 kabupaten/kota dan kurang lebih 1.288 Paroki.

“Tujuan kita adalah menyiapkan dan melatih kader Pemuda Katolik dan jaringan Orang Muda Katolik dengan konsentrasi pergerakan di social media mengangkat konten isu pilar literasi digital dan tentang toleransi, anti radikalisme, anti hoax, anti SARA, bermedia social yang produktif dan penguatan resonansi dalam program transformasi digital,” kata Bondan Wicaksono. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *