Pertama Kali Timor-Leste Ikut KTT ASEAN, Presiden Jokowi: Selamat Datang

beritabernas.com – Untuk pertama kalinya, Negara Timor-Leste mengikuti KTT ASEAN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku tuan rumah dan Ketua KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pun mengucapkan selamat datang.

“Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang karena untuk pertama kalinya Timor-Leste berpartisipasi dalam KTT ASEAN,” kata Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, kepada wartawan usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan PM Timor-Leste Taur Matan Ruak di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Selasa 9 Mei 2023.

BACA JUGA:

Menurut Menlu Retno Marsudi, dalam pertemuan itut, kedua pemimpin juga membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk di wilayah perbatasan kedua negara. Pembahasan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan PM Timor-Leste ke Indonesia beberapa waktu yang lalu.

Presiden Jokowi menyambut PM Timor-Leste. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

“Kedua pemimpin sepakat bahwa akan dibentuk joint working group yang akan mempersiapkan pengembangan kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara,” kata Menlu Retno.

Selain itu, Indonesia dan Timor Leste juga sepakat untuk mendorong dimulainya pembentukan bilateral investment treaty dalam rangka memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara. “Bapak Presiden juga mengingatkan mengenai pentingnya kita segera menyelesaikan perundingan batas negara,” ucap Menlu Retno.

Presiden Jokowi bersama PM Timor-Leste. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

Terkait keanggotaan di ASEAN, Timor-Leste menyampaikan apresiasi terhadap dukungan yang telah diberikan oleh Indonesia. Presiden Jokowi pun berharap Timor-Leste dapat segera memenuhi semua kriteria untuk dapat menjadi anggota penuh ASEAN.

“Bapak Presiden menyampaikan bahwa selama keketuaan Indonesia ini, road map untuk Timor-Leste agar menjadi anggota penuh akan disepakati dan mengharapkan agar Timor-Leste dapat segera memenuhi kriteria-kriteria yang ada di road map yang akan diadopsi sehingga dapat menjadi anggota penuh ASEAN,” ujar Menlu Retno dikutip beritabernas.com dari siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *