Perupa Luar Negeri Antusias Ikuti International Art Exhibition #2 2023 di Jogja Gallery

beritabernas.com – Para perupa atau seniman seni rupa dari luar negeri antusias mengikuti event International Art Exhibition #2 2023 di Jogja Gallery.

Ini terbukti, event Iternational Art Exhibition #2 2023 yang digelar di Ruang Pameran Jogja Gallery pada 7-14 Maret 2023 ini diikuti 15 perupa dari 12 negara yakni Amerika Serikat, Australia, Jerman, Albania, New Zealand, Jepang, Vietnam, Filipina, Korea, Malaysia dan Thailand.

BACA BERITA TERKAIT:

“Kami sangat bangga mengingat antusiasme para perupa dari dalam maupun luar negeri yang menyambut baik event penting yang berlangsung 3 tahun sekali ini. Saat ini kami memamerkan karya seni yang beragam di antaranya seni lukis, seni grafis, seni patung, desain, kerajinan dan video art sebagai respons terhadap isu global dalam proses kreatif,” kata Dr Moh Rusnoto Susanto SPd MPd, Ketua Panitia Pelaksana Iternational Art Exhibition #2 2023, dalam siaran pers yang dikirim kepada beritabernas.com.

Flyer International Art Exhibition #2 2023. Foto: Dok panitia

Event Iternational Art Exhibition #2 2023 ini digagas oleh Prodi Pendidikan Seni Rupa UST Yogyakarta bekerjasama dengan L-Project dan Art Koridor sebagai media partner. Kali ini pameran mengangkat tema Social Engagement & Sustainability. Selain diikuti 15 perupa luar negeri, pameran ini juga diikuti 31 perupa dalam negeri yang diundang secarakhusus, 9 Dosen Prodi PSR UST dan 45 peserta hasil seleksi open call yang masuk ke panitia sejumlah 145 perupa seluruh Indonesia. 

Menurut Dr Moh Rusnoto Susanto, isu global bagi seorang perupa menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dalam ruang proses kreatif, karena sensibilitas estetiknya senantiasa mengeksplorasi berbagai aspek yang hidup dan tumbuh di sekitarnya.

Melalui tema pameran ini, menurut Rusnoto, panitia mengajak para perupa internasional yang tengah memiliki kesadaran bersama bahwa kita telah berada di kawasan bumi yang sama, problematik yang sama dan membutuhkan sikap kritis yang sama untuk memperkuat engagement dan berorientasi pada sustainability demi generasi masa depan yang berkualitas.

Podcast tentang International Art Exhibition #2 2023. Foto: Dok panitia

Menurut Rusnoto, isu global juga senantiasa direfleksikan sebagai representasi potret dan spirit jiwa zaman.  Kepekaaan, keterlibatan dan rasa kepedulian sosial seorang perupa sebagai sumber inspirasi kreatif dalam eksplorasi ide yang direfleksikan melalui bahasa ungkap yang spesifik, personal dan bernilai universal. 

Dikatakan Rusnoto, dalam 2 tahun belakangan penduduk dunia tengah berada pada keterikatan emosional dan kepedulian yang sama ketika memerangi wabah virus Covid-19 yang melanda seluruh kawasan di berbagai belahan dunia tanpa kecuali. 

Semua kebijakan pemerintah masing-masing negara diprioritaskan untuk program penanggulangan, pencegahan, dan pemulihan kesehatan yang sangat mengancam. Keterikatan emosi penduduk bumi tengah berada pada titik tertinggi saat itu yang kemudian berdampak pada keterpurukan perekonomian dunia secara signifikan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *